Dana BST Cair

Ratusan Warga 'Serbu' Kantor Pos Pekanbaru

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Masyarakat penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kota Pekanbaru ramai-ramai mendatangi kantor pos di jalan Sudirman, Jumat (15/5/2020).

Membludaknya penerima BST ini menimbulkan antrean yang cukup panjang. Warga pun tampak berkerumun, tidak mengindahkan social dan physical distancing yang digembor-gemborkan pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Tampak kendaraan masyarakat yang ingin mengambil BST meluber hingga ke badan jalan.

Desi Syafitri, salah seorang warga Kecamatan Lima Puluh, menuturkan bahwa ia datang kantor pos tersebut sejak pukul 08.00 Wib. Namun ketika tiba sudah banyak masyarakat yang mengantre.

"Mau nggak mau kita terpaksa harus ngantre. Saya juga sudah pakai masker dan pakai sarung tangan. Kalau jaga jarak itu dari diri sendiri ya, beberapa kali juga ingetin orang lain untuk tetap jaga jarak," ujar Desi.

BST ini sendiri berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang membagikan Bansos kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Riau sebesar Rp600 ribu per KPM. Bantuan ini diserahkan melalui Kantor Pos, Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Wakil Kepala Kantor Pos Jalan Sudirman Pekanbaru, Murni, mengatakan bahwa bantuan ini diserahkan pada empat kabupaten/kota, yaitu Pekanbaru, Kampar, Pelalawan, dan Siak

"Ada 34.436 KK yang akan mendapatkan bantuan ini. Nantinya bantuan ini akan diserahkan dalam tiga tahap," rincinya.

Murni menambahkan bahwa bantuan ini diserahkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dan data penerima berasal dari Kemensos.

Murni menerangkan, penerima Bansos mendapatkan surat yang di dalam surat tersebut terdapat barcode untuk di scan. Dan ketika pengambilan BST masyarakat harus membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan juga surat keterangan tersebut.

"Kalau tahap satu masih proses dan belum bisa dipastikan, tapi pasti akan berlanjut sampai selesai. Kita akan menjadwalkannya. Penyaluran ini direncakan akan selesai pada bulan Juni mendatang," ujarnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...