News

Smart Lighting Mampu Padamkan 700 PJU di Pekanbaru Hanya Dengan Satu Jari

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru menargetkan pemasangan Smart Lighting di 37.133 titik Penerangan Jalan Umum (PJU). Dari jumlah itu, baru 700 titik yang terpasang.

Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Kota Pekanbaru Tengku Ardi Dwisasti mengatakan, 700 titik PJU itu berada di 23 ruas jalan di Pekanbaru. Diakui belum semua PJU dapat dilengkapi smart lighting lantaran keterbasatan anggaran.

"Nantinya ditargetkan sebanyak 37.133 titik PJU yang ada di seluruh Kota Pekanbaru segera akan memakai sistem smart lighting," kata Ardi, Kamis (6/8/2020).

Kata dia, smart lighting mempermudah pemantauan serta juga operasional PJU yang tersebar di Pekanbaru. Dishub bisa mengetahui langsung dari kontrol panel yang dipusatkan di kantor Dishub.

Selain itu, juga bisa dikontrol melalui handphone dengan aplikasi khusus untuk smart lighting yang dapat diakses Kabid dan Kasi di Bidang KTSP dan operator. Melalui handphone mereka bisa memadamkan PJU serta mengatur penerangannya.

"Misalnya ketika di atas pukul 00.00 Wib pencahayaan PJU mulai dikurangi sampai nanti mati total disaat pagi. Saat ini untuk 67 titik, PJU yang ada di perkantoran Tenayan sudah menggunakan Smart Lighting,” sebut Ardi.

Kata dia, smart lighting juga bisa menekan tagihan listrik PJU Pekanbaru. Dari semula Rp13 miliar, kini hanya tinggal Rp6 miliar. “Jika nanti semua PJU sudah menggunakan smart lighting, tentu tagihan juga akan berkurang. Kalau sebelumnya tagihan Pemko Pekanbaru yang diterima lebih sedikit dari pajak PJU, kini sebaliknya. Otomatis dana yang dapat dihemat dari pembayaran tagihan listrik bisa dialihkan untuk kepentringan lain,” paparnya.



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...