News

Menurut WHO, Ini Kriteria Pekerjaan Berisiko Covid-19

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang membeberkan bahwa ada 238 karyawan pabrik LG di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang terinfeksi virus Corona COVID-19. Hal ini diketahui setelah ada salah satu karyawan yang jatuh sakit dan kemudian meninggal dunia.

"Kemudian dilakukan test and trace oleh Gugus Tugas, hasilnya adalah 238 karyawan positif COVID," kata Agus yang menambahkan pabrik tutup operasi selama 14 hari untuk menekan penyebaran virus.

Terkait hal tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa risiko penyebaran virus Corona di tempat kerja tergantung dari seberapa padat atau intens individu harus berinteraksi. Beberapa jenis pekerjaan bisa memiliki risiko yang rendah, sedang, atau tinggi.

Pekerjaan yang memiliki risiko rendah termasuk di antaranya karyawan di layanan teleservice atau mereka yang bisa bekerja dari rumah.

Sementara itu, karyawan pabrik bisa masuk dalam kategori pekerjaan dengan risiko sedang karena kemungkinan sulit menjaga jarak. Misalnya saat karyawan berangkat kerja dengan transportasi umum atau berinteraksi dengan rekan di pabrik.

"Contoh pekerjaan dengan risiko sedang mencakup bidang ritel, jasa pengiriman, akomodasi, konstruksi, polisi dan keamanan, transportasi publik, serta sanitasi," tulis WHO di situs resminya.

Terakhir pekerjaan dengan risiko tinggi adalah mereka yang paling mungkin berinteraksi dengan objek atau individu yang memiliki virus Corona COVID-19. Misalnya mereka yang harus memberi perawatan pada suspek atau pasien positif COVID-19, seperti asisten rumah tangga, caregiver, sopir pribadi, hingga pekerja sosial.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...