News

Waduh! Ruang Isolasi Covid-19 RS di Pekanbaru Penuh

PEKANBARU - Banyaknya pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dirawat di Pekanbaru, membuat rumah sakit di ibu kota Provinsi Riau itu banyak yang penuh. Hal itu diakui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Rabu (9/9/2020).

Dia mengatakan, kondisi itu terjadi disebabkan karena pasien yang memilih rumah sakit yang lengkap fasilitasnya. Kemudian disebabkan adanya pemeriksaan swab mandiri yang dilakukan pasien di rumah sakit swasta di Pekanbaru.

"Makanya saat pasien dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 langsung dirawat di rumah sakit Pekanbaru. Padahal mereka berasal dari daerah di luar Kota Pekanbaru. Akibatnya, pasien positif yang dirawat di rumah sakit yang ada di Pekanbaru membludak. Bahkan sejumlah rumah sakit di Pekanbaru mulai penuh," terangnya.

Lebih lanjut Mimi menyampaikan, secara umum jumlah ruang isolasi di Riau yang disiapkan sebanyak 1.078 tempat tidur. Dari jumlah itu, pasien Covid-19 yang dirawat sebanyak 549 orang.

"Artinya masih ada sisa 529 tempat tidur lagi yang belum terisi. Tapi tempat tidur yang masih kosong ini sebagian besar ada di rumah sakit di luar Kota Pekanbaru. Sebab untuk rumah sakit di Pekanbaru sebagian besar sudah penuh," ungkapnya.

"Karena itu pak Gubernur minta pasien yang di daerah, selagi masih bisa ditangani di rumah sakit yang ada di daerah tidak perlu dikirim ke Pekanbaru," jelasnya.

Untuk diketahui berdasarkan data yang diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, terdata di RSUD Arifin Achmad Riau saat ini merawat 71 pasien Covid-19.

Kemudian RS Eka Hospital Pekanbaru 84 pasien Covid-19, di RS Aulia Pekanbaru 36 pasien, RS Awal Bros Ahmad Yani Pekanbaru 45 pasien, RS Awal Bros Panam Pekanbaru 18 pasien.

Selanjutnya, RS Awal Bros Sudirman Pekanbaru 31 pasien, RS Hermina 3 pasien, RSI Ibnu Sina 6 pasien, RS Prima 4, RS PMC 7 pasien, RS Tabrani 2 Pasien, Sansani 8 Pasien, Santa Maria 25 pasien, Syafira 5 pasien, RS Tentara 4 Pasien.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...