Ada Apa di Museum Sang Nila Utama?

Tempat Getah, Perangkap Burung Kuaran Khas Kampar

PEKANBARU -  Nenek moyang orang Kampar dimasanya terbilang kreatif dan inovatif. Salah satu hasil atau produk yang mereka ciptakan salah satunya, "Tempat Getah". Perkakas peninggalan masa lampau ini berfungsi untuk menggetah atau menjebak atau perangkap bagi burung Kuaran.

Burung kuaran adalah burung yang bermigrasi dari luar Indonesia tepatnya pada musim dingin. Burung kuaran merupakan burung yang diperbolehkan untuk ditangkap di Desa Rumbio, Kabupaten Kampar, Riau.

Ciri -ciri burung kuaran yaitu warna bulunya cokelat dengan terlihat jelas ada berbentuk alis. Bulu bagian punggung berwarna cokelat dan kepala berwarna abu-abu gelap, sedangkan bagian perut berwarna putih. Burung kuaran disebut juga oleh masyarakat Rumbio sebagai burung ajaib dan burung keramat. 

Hal ini dikarenakan matinya burung kuaran tanpa ada bau busuk dan lalat yang hinggap, jika burung kuaran dimasak tanpa bumbu masih terasa nikmat. Menurut masyarakat Rumbio burung kuaran berasal dari ulat ikan bulanak yang telah mati, jika ulat ikan jatuh ke darat menjadi burung dan jika masih di dalam air menjadi ikan.

Hal yang menarik dari cara menangkap burung ini adanya ritual khusus dan hanya boleh dilakukan dengan jebakan getah. Tempat getahnya juga cukup unik dimana bahannya terbuat dari kayu dan tali. Tempat Getah ini adalah perkakas yang digunakan untuk menaruh atau menyimpan dan meletakkan getah yang baru disadap dari pohon getah. Bentuknya bulat dan mempunyai tutup. 

"Pada bagian badan dan penutup bagian kiri serta kanan terdapat empat buah telinga tempat menyangkutkan tali dan bagian atas penutupnya terdapat punat untuk mengangkat penutup tersebut," kata Yoserizal Zen, Kadisbud Riau.

Dibagian penutupnya, terdapat hiasan berupa lingkaran sebanyak dua buah. Paling tidak, Tempat Getah yang menjadi salah satu koleksi Museum Sang Nila Utama, Riau ini menunjukkan bahwa nenek moyang kita punya cara tersendiri menjawab tantangan dan keinginannya untuk menghasilkan sesuatu.(adv)




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...