Destnasi Dunia

Pulau Pertama Bermukimnya Viking Ternyata di Amerika Utara

Disini dikenal tempat pertama pemukiman bangsa viking di dunia. (sumber;internet)

NEWFOUNDLAND - Pulau ini dikenal sebagai tempat tinggal viking pertama kali di kawasan utara Amerika. Kini pulaunya menjadi destinai antimainstream yang jarang terjamah.

Melansir CNN Travel, Sabtu (19/5/2018), pulau ini belum terjamah dan memiliki banyak daya tarik seperti Islandia. Namanya Newfoundland di Kanada.

Selama dekade terakhir, pariwisata ke Islandia telah mencapai puncaknya. Jumlah turis ke sana mencapai 2 juta pada tahun 2017 dan enam kali lebih besar dari total penduduknya.

Tapi 2.414 kilometer ke barat daya, ada pulau berukuran sama dan sama-sama terpencil dan masih sepi turis. Diucapkan 'Noo-fn-land', Newfoundland memiliki fjord (tebing-tebing tinggi di antara laut yang tinggi dan curam, seperti di Norwegia dan Islandia).

Pulau ini menjadi permukiman Viking pertama di Amerika Utara (sekitar 400 tahun sebelum Columbus mencapainya). Namun demikian Newfoundland tidak memiliki banyak es seperti di Islandia.

Jika traeveler ingin ke Newfoundland yang masih asri harus naik ke penerbangan tambahan dari Islandia. Dari setengah juta wisatawan tahunan yang mengunjungi Provinsi Newfoundland and Labrador, 80%-nya adalah warga Kanada.

Meski tak punya gunung berapi, traveler bisa menikmati pemandangan satwa liar yang bisa bikin takjub. 

Kebanyakan traveler yang mendatangi Newfoundland karena pemandangan Western Brook Fjord yang di dalamnya adalah rumah bagi paus. Rumah pula bagi gunung es Arktik yang bermigrasi setiap musim panas dari Greenland ke pantai utara dan timur Newfoundland.

Fjord itu sendiri dapat dilalui dalam tiga jam. Kamu juga bisa mendakinya, karena termasuk atraksi tertinggi di Pulau Newfoundland.

Tidak jauh dari sana, traveler dapat menyaksikan matahari terbenam di Samudra Atlantik .

Terletak di ujung Great Northern Peninsula, L'Anse aux Meadows National Historic Site ada permukiman arkeologi Norse atau Viking. Usianya sudah 1.000 tahun.

Traveler pasti bertanya-tanya bagaimana kehidupan yang terisolasi di sudut terjauh bumi ini. Newfoundland di masa sekarang adalah perukiman yang berpusat di ibu kota St. John's, Newfoundland dan Labrador memiliki penduduk sekitar 200.000 orang.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Newfoundland pada bulan Mei-Juni saat bergeraknya gunung es. Di bulan Juni-Agustus untuk cuaca yang baik saat pendakian, bulan Mei-September untuk melihat ikan paus.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...