Destinasi Wisata

Tempat Wisata di Swiss Ini Bisa Dikunjungi Gratis

cabaret voltaire. (sumber;internet)

SWISS - Terkenal sebagai pusat finansial dunia, Kota Zurich di Swiss juga memiliki banyak pusat seni dan budaya. Ada lebih dari 50 museum menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah cabaret voltaire yang merupakan tempat lahir dan pusatnya seni modern dadaisme. Serunya, museum ini bisa dikunjungi tanpa tiket alias gratis.

Cabaret Voltaire mungkin satu-satunya museum dan pusat seni yang bisa dikunjungi dengan gratis di Zurich. Terletak di kawasan kota tua Zurich, dari stasiun utama Zurich atau Hauptbahnhof saya naik tram selama 5 menit lalu lanjut mendaki area perbukitan Zurich selama 5 menit.

Berada di Spiegelgasse 1, Cabaret Voltaire dibuka pada masa perang dunia 1. Karena Swiss netral semasa perang dunia 1, Cabaret Voltaire menjadi tempat berkumpulnya para seniman, penulis, ilmuwan dan para filsuf. Hugo Ball dan kawan-kawannya kemudian mengekspresikan ketidaksetujuannya terhadap perang lewat berbagai macam seni. Seni itu kini dikenal sebagai dadaisme.

Dadaisme mengusung konsep anti perang yang disampaikan dengan lugas. Para seniman dadaisme menyebutkan sebagai anti seni. Berbagai tokoh besar pernah mengunjungi Cabaret Voltaire, termasuk Lenin yang sempat tinggal di Zurich semasa ia diasingkan. Saat tinggi di Zurich, Lenin sering mampir ke Cabaret Voltaire.

Ada berbagai macam karya seni beraliran dadaisme yang bisa dinikmati di Cabaret Voltaire. Mulai dari lukisan, ilustrasi, puisi hingga film. Pada malam-malam tertentu disajikan pertujukkan musik, puisi dan film.

Selain berbagai macam karya seni, sering pula dipamerkan berbagai karya para seniman praktisi dadaisme dari berbagi belahan dunia. Mulai dari Swiss, Amerika Serikat, hingga Jepang. Kadang juga digelar pesta di Cabaret Voltaire, menjadikan tempat ini sebagi salah satu pilihan hiburan malam di Zurich.

Selain sebagai pusat seni, Cabaret Voltaire juga digunakan sebagai kedai kopi dan toko suvenir yang bertema dadaisme. Bermacam buku dadaisme serta suvenir bisa ditemukan disini. Saya menemukan sebuah note book dan pensil dadaisme seharga 6 CHF atau sekira Rp85.000,00. Sepasang suvenir unik yang hanya bisa didapatkan di Zurich, Swiss.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...