Eksbis

Komitmen Jalankan Tanggung Jawab Sosial, PGN Raih Penghargaan Top CSR Awards 2021

JAKARTA - Berkat komitmen menjalankan tanggung jawab sosial dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sosial, ekonomi masyarakat, dan lingkungan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mendapatkan Top CSR Awards 2021 #Star 4 dari Majalah Top Business, (22/4/2021).

Dengan didapatkannya Top CSR Award 2021 Bintang 4 menunjukkan bahwa sistem, kebijakan, dan pelaksanaan CSR di PGN berada di level “Sangat Baik” dan mendukung strategi bisnis perusahaan. Baik dimasa Pandemi COVID-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menjelaskan bahwa CSR perusahaan yang berada di level bintang 4 terkait dengan keselarasan program CSR dan strategi bisnis perusahaan menggunakan inisiatif CSR yang mengadopsi CVS (Creating Shared Value) dan ISO 26000 SR. Adapun ISO 26000 merupakan panduan tingkat internasional mengenai Tanggung Jawab Sosial perusahaan (CSR).

“Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PGN Suko Hartono ditetapkan sebagai salah satu Top Leader on CSR Commitment 2021,” kata Rachmat.

Penghargaan yang diberikan kepada Business Leader perusahaan, karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan tata kelola dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan. Mengingat tata kelola dan keberhasilan CSR perusahaan akan sulit dicapai secara efektif apabila Top Business Leader tidak memiliki komitmen yang tinggi terhadap CSR perusahaan.

“Secara aktif dan berkelanjutan, PGN terus menjalankan program pengembangan masyarakat, melibatkan berbagai unsur masyarakat. Dukungan dari masyarakat khususnya disekitar wilayah operasi PGN menjadi bagian penting bagi kemajuan PGN. Untuk itu, PGN juga berinvestasi melalui program CSR agar kehadiran PGN memberikan manfaat sosial maupun ekonomi bagi masyarakat,” kata Rachmat.

Salah satu wujud implementasinya yaitu pembangunan desa-desa di sekitar wilayah operasi untuk menjadi desa yang maju dan mandiri, sehingga dapat menunjang pembangunan berkelanjutan. Desa Binaan PGN antara lain Desa Teluk Terate di Serang, Desa Sriminosari di Lampung, Desa Pagardewa di Muara Enim, dan Kelurahan Tembesi di Batam.

“Program-program yang diselenggarakan di desa binaan bermacam-macam. Di Desa Sriminosari Lampung misalnya, PGN membantu dalam pembentukan BUMDES Tridaya Minosari Prima, fasilitas air isi ulang, microfinance, BUMDESMart, dan pariwisata,” papar Rachmat.

PGN bekerjasama dengan pemerintah setempat dan Lembaga konsultan agar upaya pelatihan pendampingan, permodalan, pembentukan kelembagaan, pemasaran, dan infrastruktur pada program-program desa binaan dapat berjalan lancar.

PGN pun berkontribusi dalam pembangunan dan pembinaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah. Balkondes dibangun untuk menguatkan layanan dan meningkatkan kunjungan wisatawan dengan penyediaan layanan kamar homestay.

“Pengelolaan Desa Wisata Karangrejo yang sangat baik berhasil menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat beliau berkunjung ke sana. Bulan lalu, Desa Karangrejo mendapatkan sertifikasi sebagai Desa Wisata Berkelanjutan dari Kemenparekra RI,” ujar Rachmat.

PGN juga berkomitmen membantu pemerintah dalam menangani dampak pandemi COVID-19 di masyarakat. Secara total, PGN Grop telah mengeluarkan dana sekitar 19,9 Milyar untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Bersama dengan Anak Perusahaan, PGN memberikan bantuan berupa sembako, masker, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan, dan perlengkapan APD untuk tenaga medis di berbagai daerah.

“Kami berterima kasih kepada penyelenggara dan segenap dewan juri yang telah mempercayai PGN sebagai salah satu penerima penghargaan. Dari penghargaan ini, dapat menjadi sarana pembelajaran untuk terus meningkatkan kualitas CSR dalam mendukung bisnis perusahaan yang berkelanjutan,” tutup Rachmat.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...