News

Tingkatkan Skill, Kwarcab Pramuka Pekanbaru Gelar Pelatihan Agribisnis

PEKANBARU - Gerakan Pramuka merupakan salah satu pendidikan non formal yang berlatar kepanduan. Meski begitu, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru tidak hanya berpikir untuk meningkatkan kemampuan dalam kepanduan, namun juga skill dan kemampuan dalam menjadi enterprenuer. 

Pemikiran tersebut tercetus dari raker Kwarcab beberapa waktu lalu dan diamini oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Pekanbaru, Kak Masykur. Hal tersebut terlihat dengan dilaksanakannya Pelatihan Profesi Bidang Agribisnis 
Kwarcab kota Pekanbaru Tahun 2021 yang bekerjasama dengan PT Sarana Pangan Madani, Sabtu (1/5/2021).

"Saya kira soal kepanduan sudah didapat sejak dari siaga. Sekarang bagaimana meningkatkan kemandirian anggota pramuka untuk menghadapi tantangan kedepan tidak hanya dengan ilmu kepanduan. Maka itu, kita dari Kwarcab Pekanbaru mengelar pelatihan profesi yang akan dilaksankan asecara rutin. Untuk yang pertama ini, bagaimana anggota pramuka mengenal tentang agribisnis,' terang Ketua Kwarcab Pekanbaru Masykur Tarmizi SSTP MSi, kemarin.

Palaksanaan pelatihan ini mengambil tempat di desa okura dilahan yang dikelola oleh PT Sarena Pangan Madani. Sebagai pemateri, Direktur PT SPM yang juga andalan cabang Kwarcab Pekanbaru Ade Daulay menjelaskan bagaimana persiapan pengelolaan lahan hingga siap penanaman. Tidak hanya itu, peserta pelatihan juga diberikan bekal bagaimana menanam beberapa jenis varites pangan hingga manajemen komersilnya. 

"Dimasa pandemi Covid-19 ini, kita dituntut untuk mandiri dan meningkatkan skill serta kemauan bekerja. Nah, dari mereka yang belum tertarik akan dunia perkebunan ini jadi lebih tertarik karena mendapatkan ilumnya langsung dengan praktek. Harapannya tentu bagaimana ini bisa dimanfaatkan dan dikembangkan dikehidupan mereka kelak," harap Masykur.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...