News

Negara-negara Ini Tawarkan Bantun Untuk Palu

Ilustrasi. (sumber;internet)

BAUBAU - Puluhan warga dinyatakan hilang karena tertimbun reruntuhan bangunan setelah diguncang gempa 7,4 SR di kawasan Perumnas Balaroa di Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10/2018). Kawasan permukiman ini merupakan salah satu permukiman yang paling parah terdampak gempa. 

Ada sekitar 900 kepala keluarga yang tinggal di kawasan ini. Hampir seluruh rumah hancur dan amblas hingga 20 meter. Ada sekitar 90 warga yang diketahui tertimbun reruntuhan rumah. Hingga kini pencarian korban terus dilakukan baik secara manual maupun dengan alat berat.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyampaikan bahwa sejak hari pertama bencana gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng)  banyak Negara asing yang menawarkan bantuan, baik itu disampaikan secara langsung kepada Presiden RI Joko Widodo maupun Kemlu RI.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kemlu RI, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kemarin.

“Banyak Negara-negara sahabat yang menyampaikan simpati terhadap warga di Sulawesi Tengah baik melaui Kementerian Luar Negeri maupun kepada Presiden langsung. Dalam konteks tersebut juga telah disampaikan kesiapan negara-negara sahabat untuk memberikan bantuan kepada Indonesia menghadapi bencana yang ada di Sulawesi Tengah,” kata Arrmanatha Nasir.

Ia mengatakan, Negara-negara yang menawarkan bantuan adalah di kawasan Amerika dan Eropa seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Perancis, Swiss, dan Norwegia. Di kawasan Asia Pasifik ada Jepang, Australia, Selandia Baru, Singapura, Thailand, RRT, India.

Selain itu, organisasi internasional yang menyatakan siap untuk membantu seperti, AH Center, dan UNDP.

Namun demikian, lanjut dia, berdasarkan hasil rapat dengan Menko Polhukam Wiranto dengan sejumlah Kementerian bahwa bantuan tersebut tidak semua diterima oleh Indonesia.

“Ini semua kita masih melihat apa saja yang dibutuhkan apa saja dilapangan, dan disesuaikan dengan kebutuhan dan dikoordinasikan dengan tim dilapangan,” ujarnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...