News

Swastanisasi Pengangkutan Sampah Segera Bekerja

PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru menyatakan proses lelang pengelolaan angkutan sampah di daerah itu segera rampung. Jika tidak ada sanggahan setelah pemenang lelang diumumkan, dua perusahaan swasta akan segera bekerja. 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus menjelaskan proses lelang pengangkutan sampah pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru saat ini masih dalam masa sanggah. Menurutnya ada dua perusahaan swasta pemenang lelang yang telah diumumkan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pekanbaru. 

"Saya kira tidak lama lagi, dalam beberapa hari ini sudah mulai bisa bekerja," jelas Firdaus didampingi plt Kepala DLHK Pekanbaru Raja Marzuki Senin (15/3/2021). 

Menurutnya, pengelolaan angkutan sampah di Pekanbaru memerlukan mitra kerja, agar mendapatkan pengelolaan yang maksimal. Pihaknya ingin memberikan pelayanan yang profesional di pengelolaan sampah sebagaimana di kota metropolitan. 

Dia menyebut saat ini sudah tidak bisa disamakan lagi pengelolaan sampah di masa lalu saat Pekanbaru masih berstatus kota kecil, dan kota sedang. Kini prinsipnya pengelolaan kota tersebut sudah sampai pada tahapan persoalan di kota metropolitan. 

"Karena itu manajemen dan pengelolaan harus mengacu seperti kota metropolitan. Dinas-dinas itu terbatas dan Dinas itu pemangku kebijakan," ujarnya. 

Adapun menurut data pemkot, terdapat dua zona jasa pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru yang dilelangkan. Zona satu meliputi wilayah Kecamatan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Marpoyan Damai. Zona dua meliputi Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Sail dan Kecamatan Tenayan Raya. Masa sanggah pemenang lelang persampahan ini berlangsung mulai 10-17 Maret 2021. Pada 18 Maret 2021, jika tidak ada sanggahan maka di hari itu akan dilakukan penunjukan pemenang dan sekaligus penandatanganan kontrak dengan pemkot.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...