Lingkungan

BPBD Riau Terbangkan Helikopter Patroli Pantau 12 Titik Panas

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya 64 titik panas atau hotspot di Sumatera. 12 titik diantaranya berada di Provinsi Riau, Jumat (11/6/2021). 

Untuk 12 titik panas yang terpantau di Riau tersebar di 8 wilayah, yakni di Pelalawan dan Indragiri Hilir masing-masing 3 titik. Kemudian Kabupaten Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru masing-masing 1 titik. 

"Iya hari ini berdasarkan pantauan satelit BMKG ada 12 titik hotspot di Riau," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Jumat (11/6/2021). 

Atas kondisi itu, kata Edy Afrizal, pihaknya sudah menurunkan helikopter patroli untuk memantau langsung di 8 daerah itu. Apakah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

"Kita sudah terbangkan helikopter patroli ke titik panas tadi pagi. Kalau memang itu benar Karhutla kita akan turunkan helikopter water bombing untuk pemadaman," katanya. 

Di samping itu, untuk mengantisipasi Karhutla mengingat saat ini memasuki musim kemarau, pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi terkait rencana pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan pemerintah pusat. 

"Rencananya tanggal 20 Juni besok pesawat TMC dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...