Trashod

Malam Puncak Kenduri Pantun 2021, Riau Perekenalkan Pantun ke Dunia

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen

PEKANBARU - Malam puncak kenduri pantun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau bersama Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) resmi digelar di Anjung Seni Idrus Tintin, Bandar Seni Raja Ali Haji Pekanbaru, Jumat (17/12/2021) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen mengatakan bahwa yang mengikuti acara puncak kenduri pantun 2021 secara virtual dari awal digelar Jumat hingga malam puncak sudah empat ribu lebih pengunjung YouTube ATL.

Namun karena suasana masih pandemi, makanya kenduri pantun ini membatasi tamu-tamu yang hadir dan menjadikan YouTube ATL sebagai media yang bisa dilihat para penonton untuk menyaksikan kegiatan ini.

"Kenduri pantun sempena hari pantun dunia sudah dilaksanakan sejak dua bulan lalu, jadi kita melaksanakan kegiatan workshop tari, workshop musik dan teater. Semua harus berangkat dari pantun, semua harus berangkat dari tradisi lisan yang ada di wilayah Provinsi Riau," ucapnya.

Ia melanjutkan, juga dilaksanakan kenduri pantun di beberapa tempat, yang mengumpulkan pelaku seni yang berkaitan dengan pantun dalam wilayah Provinsi Riau. Selain itu juga sudah diadakannya lomba desain baju kaos pantun dan pemenangnya sudah ada tiga orang dan diumumkan pada malam ini juga.

"Kemudian juga diterbitkan kumpulan pantun dengan menghimpun 4.000 pantun lebih," tuturnya.

Raja Yoserizal berharap adanya kegiatan ini dapat melestarikan budaya di Provinsi Riau, sekaligus dapat memperkenalkan pantun kepada seluruh masyarakat Indonesia dan bahkan seluruh dunia.

"Panas tembaga jangan dituang, bila dituang melepuh diri, pantun budaya harus dijulang, biar menjadi perisai negeri," tutupnya dengan pantun.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...