News

Perluas Area MPP, Pekanbaru Menuju Pelayanan Publik Kelas Dunia

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, terus berupaya memberikan banyak kemudahan guna meningkatkan pelayanan publik di bidang perizinan dan non perizinan di Mal Pelayanan Publik (MPP). Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), MPP yang sebelumnya hanya satu bangunan, kini telah diperluas ke bagian selatan tepatnya di gedung yang sebelumnya ditempati Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Di gedung baru atau yang disebut gedung C ini, ada sejumlah instansi yang telah dan akan bergabung memberikan pelayanan di anataranya Polresta Pekanbaru, Imigrasi, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas LHK dan Dinas Perindag. "Layanan kepolisian dan Imigrasi ini sifatnya hanya pemindahan saja (dari gedung MPP lama ke gedung C)," kata Sekretaris DPM-PTSP Pekanbaru F Rudi Misdian.

Kemudian dari Satpol PP memberikan pelayanan Gerai Pengaduan Masyarakat yang bertujuan mempermudah masyarakat melakukan pengaduan terkait pelanggaran Perda di Kota Pekanbaru dalam upaya meningkatkan ketentraman umum dan ketertiban masyarakat.Selanjutnya Dinas Kesehatan memberikan layanan Apotek, radiologi, Operasional RS, pelayanan kemoterapi RS, Rs Bdrs, unit transfusi darah, tukang gigi, penyelenggaraan RS, SIPPIRT, Optik, toko obat dan Klinik.

Sememtara Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) melayani persetujuan lingkungan. "Sedangkan Dinas Perindag, dijadwalkan mulai Senin depan ikut bergabung memberi pelayanan di MPP," ucap Rudi.

Berbagai inovasi yang dilakukan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik di bidang perizinan dan non perizinan, DPM-PTSP Pekanbaru lantas mendapat penghargaan Pelayanan Prima dari Kemenpan RB. Penghargaan ketiga secara beruntun ini diterima Kepala DPM-PTSP Akhmal Khairi, bertempat di Intercontinental Jakarta Pondok Indah Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2022).

"Tentu kami terus berinovasi, sistem-sistem yang telah lama akan diperbarui lagi," ujarnya. Sehingga, pelayanan masyarakat semakin cepat. Kemudian, Pekanbaru Investment Center (PIC) dalam proses pembuatan. Direncanakan, PIC ini akan diresmikan walikota dua bulan lagi. Dalam PIC itu akan terangkum peta digital, Geographic Information System (GIS), klinik LKPN, dan UMKM. "Makanya, kami terus berinovasi," ucap Akhmal.

Adicita Sewaka Pertiwi

Selain DPM-PTSP, Kemenpan RB juga memberikan penghargaan Piala Adicita Sewaka Pertiwi atau Pembina Pelayanan Publik Terbaik kepada Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT. Usai menerima penghargaan, walikota mengucapkan rasa syukur atas pencapaian yang diraih Pemko Pekanbaru saat ini. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada semua elemen yang berada di DPM-PTSP dan Disdukcapil yang telah berkontribusi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Menurut Firdaus, pelayanan publik merupakan jendela menuju kesejahteraan. Pelayanan yang prima di bidang perizinan dan non perizinan akan berbanding lurus dengan kesejahteraan. Untuk itu, pelayanan publik harus disandingkan dengan pemanfaatan teknologi. Inovasi dan digitalisasi harus senantiasa ditingkatkan untuk memantapkan pelayanan menuju pelayanan berkelas dunia.

"Dengan demikian, pelaku usaha dapat kemudahan dan investasi yang masuk semakin banyak. Sehingga akan membuka lapangan pekerjaan baru, ekonomi tentu bergerak, terkahir tentu kita semua akan sejahtera," ujarnya. Meski pelayanan publik di Pemko Pekanbaru telah berhasil meraih Predikat Prima, namun Firdaus menegaskan jika inovasi di bidang layanan publik tidak akan berhenti.

"Inovasi serta peningkatan digitalisasi dalam layanan publik terus digulirkan. Karena dengan digitalisasi tersebut, kualitas dan kwantitas layanan publik akan semakin baik," pungkasnya. (adv)




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...