News

Jaga Kepercayaan Investor, PGN Fokus Perluasan Pasar dan Infrastruktur di Tahun 2024

JAKARTA - Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk meramu skenario-skenario untuk terus menumbuhkan bisnis yang terefleksi dalam pertumbuhaan kinerja, sehingga tetap dipercaya investor sebagai pengelola pemanfaatan gas bumi nasional. Tahun 2024 ini PGN melanjutkan fokus pada perluasan pasar dan pembangunan infrastruktur gas bumi.

Saat ini PGN memiliki jaringan infrastruktur gas bumi yang luas sekitar 31.705 km pipa gas dan 4 terminal LNG, untuk menyalurkan pasokan gas bumi yang andal ke berbagai wilayah Indonesia.

“Hal yang paling penting adalah bagaimana melakukan optimalisasi untuk pemanfaatan gas domestik dengan mendorong utilisasi gas untuk sektor industri dan komersial, jargas, dan membangun pipa transmisi dan distribusi sehingga terjadi konektivitas terintegrasi dengan infrastruktur existing pipeline yang saat ini sudah dimiliki Subholding Gas. Di luar bisnis pipa, gas bumi dapat diarahkan untuk memenuhi kebutuhan energi di kilang, smelter, dan pembangkit listrik,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama, 28/1/2024.

Perluasan pada infrastruktur eksisting akan dilanjutkan perluasannya dan telah menjadi bagian dari scenario prioritas PGN yakni membangun infrastruktur transmisi, distribusi hingga regasifikasi. PGN juga akan menambahkan beberapa infrastruktur terkait LNG bunkering maupun bisnis trading LNG. Maka percepatan konektivitas dikejar agar meningkatkan utilisasi gas di pasar eksisting maupun baru.

LNG diproyeksikan akan bernilai tinggi dalam rantai supply yang dimiliki PGN untuk didistribusikan kepada pelanggan-pelanggan serta menjadi penggerak revenue pada tahun 2024. Oleh karenanya, PGN membuka demand LNG maupun LNG melalui skema beyond pipeline untuk melayani retail.

Selain itu, perlu dipahami bahwa akan ada banyak tantangan yang dihadapi untuk meningkatkan profitabilitas di tengah ekosistem bisnis gas bumi. Rencana-rencana pengembangan yang dilakukan PGN, juga diharapkan dapat ikut berkontrubusi aktif dalam rencana pengelolaan migas yang telah disusun pemerintah khususnya peran gas bumi di masa transisi energi. “Optimalisasi pemanfaatan gas bumi di masa transisi dilanjutkan dengan menginisiasi bisnis baru seperti biomethane dan CO2 transport,” ujar Rachmat.

PGN senantiasa berupaya yang terbaik untuk menjaga kepercayaan investor dan pasar dalam memajukan pengelolaan bisnis gas bumi di Indonesia. Hal inilah menjadi salah satu tolak ukur kinerja PGN dalam menjaga kepercayaan tersebut. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu, pengelolaan kinerja ini, PGAS (kode saham PGN) berhasil mendapatkan apresiasi dan berhasil meraih Best Stock Award 2024 kategori BUMN Mid Cap yang diselenggarakan oleh Investor Trust dan Infovesta Utama.

“Kami akan terus berkomitmen untuk menjaga performa kinerja yang kuat, inovasi dalam layanan, serta menjaga kepercayaan investor. Terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah mempercayai dan mendukung perjalanan kami. Kepercayaan dari berbagai pihak menjadi dorongan bagi kami untuk terus berkembang dan berkontribusi pada optimasi pengelolaan gas bumi dan kemajuan sektor energi di Indonesia,” tutupnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...