News

PGN Optimis Perkuat PGN Optimis Eksistensi Bisnis Gas Bumi dan Ketahanan Energi

JAKARTA– Sebagai Subholding Gas Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (“PGN”) mengusung optimisme pertumbuhan bisnis ke depan agar pemanfaatan gas bumi dalam negeri semakin berkembang di berbagai wilayah. Selain itu, PGN ingin memperluas utilisasi gas bumi domestik guna ketahanan energi nasional.

Strategi investasi masa depan PGN diarahkan untuk memperkuat eksistensi PGN. Pengelolaan pelanggan gas bumi ditargetkan terus bertambah, yang saat ini, PGN melayani 830.935 pelanggan dengan rincian 825.856 rumah tangga, 3.103 industri dan komersial, serta 1.976 pelanggan kecil.

“Kami berfokus dalam mempercepat konektivitas dan ketersediaan infrastruktur untuk meningkatkan utilisasi gas di pasar yang eksisiting dan pasar yang baru dikembangkan. Secara bersamaan, inisiatif pengembangan diperkuat melalui optimalisasi terminal LNG, infrastruktur gas, diversifikasi produk dan layanan, diantaranya LNG trading, pengembangan renewable energi atau biomethane serta oil pipeline untuk meningkatkan pendapatan,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama, (15/3/2024).

Secara berkelanjutan, PGN akan membangun dan mengelola infrastruktur gas bumi, termasuk menginisiasi inovasi infrastruktur gas bumi untuk kemudahan akses distribusi gas bumi. PGN juga sangat terbuka untuk sinergi dengan pemerintah maupun badan usaha lainnya agar dapat mengintegrasikan pengelolaan gas bumi bagi masyarakat.

“PGN menggunakan tiga pilar prioritas untuk bergerak ke depan dan menghadapi perubahan, yaitu Grow, Adapt dan Step Out, atau biasa kami sebut GAS. Kami memperhatikan dinamika industri dan kondisi ketidakpastian dalam dunia bisnis migas sehingga 3 pilar tersebut menjadi pedoman PGN untuk fokus dalam melakukan optimalisasi, pengembangan serta pada saat bersamaan mengupayakan pengembangan bisnis green energy atau energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” ujar Rachmat.

Atas visi jangka panjang dalam memimpin arah perkembangan bisnis PGN ke depan, Anugerah BUMN 2024 mendapuk Direktur Utama PT PGN Tbk Arief Setiawan Handoko sebagai The Best CEO Visionary Leadership kategori CEO BUMN & Anak Perusahaan BUMN Tbk. Ajang ini diselenggarakan oleh BUMN Track pada Rabu lalu (13/3/2024).

PGN juga berupaya untuk menjaga keseimbangan antara supply dan demand untuk memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan. Hal ini diupayakan dengan asesmen yang lengkap dan menyeluruh atas portfolio pasokan gas melalui jaringan pipa transmisi dan distribusi serta melalui moda LNG.

“Perlu menjadi pengingat bagi kita semua bahwa LNG dapat menjadi solusi gas balance, bukan pengganti gas pipa. LNG dapat melengkapi pasokan gas bumi seiring dengan terus meningkatnya kebutuhan gas bumi,” imbuh Rachmat.

Selanjutnya, PGN mengukuhkan langkah untuk meningkatkan pengenalan dan pemanfaatan LNG seperti bisnis LNG Trading, LNG Hub & Storage dan LNG Bunkering untuk sektor Marine Fuel. Aksi korporasi ini penting karena LNG akan menjadi pasokan masa depan Indonesia

PGN pun akan terlibat dalam sejumlah proyek strategis, diantaranya proyek pipa gas WNTS-Pemping, proyek infrastruktur gas di kilang Tuban, dan pembangunan infrastruktur pipa untuk mendukung pabrik pupuk di wilayah Timur Indonesia. Hilirasi produk gas bumi tengah disiapkan di sektor petrochemical, biomethane, program hidrogen dan transportasi CO2.

“PGN optimis bahwa kinerja perusahaan akan lebih maju lagi. Dengan keyakinan bahwa gas bumi akan terus memiliki peran penting dalam tahapan transisi energi, maka kami akan mempertahankan bisnis gas dengan terus mengembangkan portofolio usaha,” tutup Rachmat.



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...