News

Kemenhub Perlu Banyak Pelaut dan DIgaji Rp 6 Juta - Rp 20 Juta

ilustrasi pelaut yang baru saja lulus. (sumber;internet)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia membuka peluang untuk menjadi pelaut dengan gaji diatas Rp10 Juta. Mau? 

Keinginan tersebut untuk menjawab kebutuhan atas kekurangan banyak lulusan baru guna bekerja menjadi pelaut. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, Dwi Budi Sutrisno menyebutkan untuk gaji untuk lulusan baru pelaut bergantung pada jenis jabatan dan perusahaan.

"Kalau untuk perwira di atas Rp 10 juta, sedangkan yang non perwira antara Rp 6 - 10 juta, itu untuk kerja di perusahaan pelayaran dalam negeri," jelasnya saat dihubungi CNBC Indonesia, Rabu (09/05/2018).

Sementara itu, lanjutnya, gaji untuk pelaut yang bekerja di perusahaan asing jauh lebih besar. "Bisa lebih dari Rp 20 juta untuk perwira. Tapi itu relatif ya, kalau perusahaan pelayarannya kecil ya beda lagi," tuturnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) 80% justru bekerja di perusahaan asing.

"Kalau STIP ini 80% bekerja di kapal asing. Jadi dia mendapatkan kompensasi dolar sehingga menjadi devisa bagi negara. Jadi saya improve mereka untuk pandai bahasa inggris supaya bisa berkompetisi," jelasnya di STIP Jakarta hari ini.

Menhub mengatakan lulusan pelaut secara kuantitas sampai saat ini belum mampu mencukup kebutuhan.

"Kuantitasnya belum cukup masih banyak yang belum bahkan di DKI jauh (dari kebutuhan)," kata Menhub.

Di tempat yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan lulusan STIP tahun lalu hanya sekitar 350 pelaut.

"Tahun lalu itu cuma 350, tahun ini saya minta 1.000. Kalau 1.000 itu saya sebar ke seluruh Indonesia, satu kabupaten cuma dapat dua orang lulusannya," jelasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...