Destinai Wisata

Wah! Flores Punya Kampung Secantik Ini

Pemandangan Kampung Adat Gurusina di Flores. (sumber;internet)

FLORES - Suasana hijau nan teduh menyelimuti Kampung Adat Gurusina di Flores. Berlatar Gunung Inerie adalah identitasnya.

Kearifan lokal masih dipegang teguh salah satu kampung adat di Kabupaten Ngada, NTT ini. Dihimpun dari berbagai sumber, Kampung Adat Gurusina merupakan salah satu kampung adat yang terdapat di kabupaten itu.

Data dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kampung Adat Gurusina terletak persis di Kecamatan Jerebuu. Berjarak 16 km dari Aimere dan 21 km dari Ibu Kota Bajawa.

Keunikan Kampung Adat Gurusina selain dilatari Gunung Inerie, seluruh rumah adatnya masih terbuat dari bambu dan atap alang-alang. Sedangkan di beberapa rumah induk terdapat hiasan rumah di atas atapnya.

Hiasan rumah di atas atap itu menandakannya sebagai rumah adat utama di Kampung Adat Gurusina. Pada bagian depan setiap rumah adat juga terdapat pajangan tanduk kerbau. Tanduk kerbau ini menandakan kejayaan dan kebesaran akan harta dan kekayaan setiap warga penghuni rumah adat di sini.

Keunikan lainnya rumah adat Kampung Adat Gurusina ialah, di setiap bagian atas pintu masuk depan diberi ukiran kayu dengan nama rumah. Lantai rumahnya pun tanpa semen, melainkan menggunakan pelepah bambu.

Di setiap papan penyangga lantai rumah adat Gurusina terdapat ukiran berbentuk bunga dan binatang. Lalu di bagian tengah perkampungan adat Gurusina ini, terdapat tiga buah rumah kecil yang bahan bangunannya sama persis dengan bahan bangunan rumah adatnya.

Fungsi dari ketiga rumah di Kampung Adat Gurusina sebagai tempat penyimpanan harta benda serta kekayaan suku Gurusina. Di tengah perkampungan ini juga terdapat tiga buah lopo yang dipercaya warga kampung Gurusina sebagai tempat peristirahatan para leluhur mereka. 

Setiap warga lansia di Kampung Adat Gurusina, sehari-harinya mempunyai pekerjaan khusus. Di antaranya ada yang memecahkan buah kemiri dan menjemur hasil bumi lainnya di halaman rumah.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...