Kabar Wisata

Tabanan jadi Kabupaten Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia, Kemenpar Bangga

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Kementerian Pariwisata yang diwalkili oleh Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata, I Gede Pitana memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Tabanan yang telah ditetapkan sebagai Kabupaten dengan destinasi pariwisata terbaik di Indonesia pada tahun 2018. Apresiasi diberikan pada perhelatan Festival Jatiluwih 2018.

"Apresiasi yang tinggi dari Kementerian Pariwisata atas capaian Kabupaten Tabanan sebagai destinasi pariwisata terbaik di Indonesia dan telah berhasil mengadakan berbagai macam festival yang selalu mengkolaborasikan seni tradisional dengan modern sehingga mampu menarik hati wisatawan," ujar Pitana.

I Gede Pitana menjelaskan bahwa Jatiluwih adalah model pembangunan pariwisata berbasis pertanian di tingkat nasional, dengan pelestarian kebudayaan khususnya subak yang bisa dijadikan contoh di tingkat nasional dan juga Internasional.

"Kami berharap agar festival ini bisa dilaksanakan secara konsisten setiap tahunnya dengan waktu dan tanggal yang pasti sehingga menjadi event yang ditunggu-tunggu bagi para wisatawan," kata Pitana.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menambahkan bahwa proses Jatiluwih sampai ditetapkan sebagai warisan budaya dunia bukanlah hal yang mudah, butuh perjuangan yang sangat panjang. "Saya mengikuti proses penetapannya waktu itu saya ikut hadir ke Rusia, selama 12 tahun kita mengusulkan agar subak diakui sebagai warisan dunia," kat Tjokorda.

Dia juga merasa bangga atas perkembangan Jatiluwih yang sangat signifikan dari tahun ke tahunnya, dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah bekerja sama untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya dunia tersebut.

"Jatiluwih ini bukan hanya menjadi kebanggaan masyarakat Tabanan, melainkan menjadi kebanggaan masyarakat Bali dan juga Indonesia yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Dengan adanya festival ini diharapkan mampu meningkatkan wisatawan dan dijadikan agenda ruti guna terwujudnya cita-cita pembangunan."

Di sisi lain, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berharap dengan adanya festival ini, manfaat nya harus dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, diharapkan perekonomian pun akan semakin berkembang dan masyarakatpun akan sejahtera.

"Setiap Festival kita selalu melibatkan masyarakat, berbagai produk unggulan daerah baik itu dari UMKM atau Bumdes selalu kita tampilkan, karena kita konsep nya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat," tegas Eka.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...