Kata Mereka

Globalisasi Kikis Nilai-nilai Pancasila Generasi Muda

Ilustrasi lahirnya pancasila. (sumber;internet)

SELAMAT HARI PANCASILA! Mungkin itu kata yang kerap diucap untuk menyampaikan suka cita akan peringatan lahirnya pancasila yang menjelma menjadi dasar Negara dewasa ini. Tapi apa sebenarnya pancasila itu? Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan ??la berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Kondisi bangsa saat ini mencerminkan bahwa pancasila dirasakan belum dipraktekka secara langsung. Segala perpecahan dan konflik yang terjadi sungguh tidak mencerninkan jati diri bangsa. Sehingga tak heran jika saat ini kondisi bangsa sendiri sudah dalam keadaan kritis dan diambang dekandensi penurunan nilai budaya.

Sejak reformasi nilai-nilai pancasila kian tersingkirkan ,keberadaannya yang mulai dilupakan oleh generasi penerus bangsa serta pengaruh globalisasi yang semakin besar menjadi salah satu faktor menurunnya pemahaman pancasila pada generasi muda penerus bangsa ini dan telah menjadikan masyarakat Indonesia kehilangan roh kebangsaannya. Akibatnya, adalah merosotnya moral dan lunturnya kebersamaan dan persatuan masyarakat Indonesia.

Dimasa sekarang  ini, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam  pancasila mulai terkikis. Konflik terjadi dimana-mana, korupsi merajalela dan keadilan seperti mata pisau yang hanya tajam kebawah. Pancasila hanya dijadikan sebagai pajangan ,slogan, alat politik, dan alat pencitraan dari para elit politiknya.

Eksistensi pancasila saat ini sangatlah memburuk,pancasila hanyalah sebagai simbol negara saja,mereka hanya mengetahui pancasila sebagai dasar Negara, tetapi pada kenyataannya, banyak sekali masyarakat yang tidak bisa menghargai pancasila itu sendiri,mereka tidak memperhatikan akan pentingnya pancasila.

Kita sebagai warga Negara Indonesia  sudah seharusnya mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.agar Negara kita menjadi seperti apa yang di cita-citakan pancasila itu sendiri.

Sebagai generasi muda yang hidup di zaman globalisasi ini harus memperdalam dan benar-benar memahami makna dari Pancasila yang sebenarnya. Di zaman yang modern dan penuh dengan teknologi canggih ini, seharusnya kita akan dengan mudah menemukan informasi yang berguna dan berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila.

Presiden RI ke-3 mengungkapkan bahwa  "Hanya anak bangsa sendirilah yang dapat diandalkan untuk membangun Indonesia, tidak mungkin kita mengharapkan dari bangsa lain!" -- B. J. Habiebie, ungkapan ini harus menjadi renungan dan motivasi diri kita, untuk memahami arti pentingnya pancasila, untuk menjadi pemimpin dan membangun bangsa di masa depan.

Tulisan ini dibuat oleh :

Selamat Febriadi Ramadhona / Tokoh Pemuda di Tanjung Batu Kundur



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...