Mudik 2018

Menkes Siagakan 3.910 Pos Kesehatan di Jalur Mudik

Ilustrasi posko medis di jakur mudik. (sumber;internet)

PURWAKARTA - Jajaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, kemarin. Kedatangan rombongan tersebut ke wilayah ini, tak lain untuk memastikan kesiapan pos-pos layanan kesehatan yang ada di beberapa jalur mudik.

Menkes Nila Moeloek menuturkan, dalam pelaksanaan mudik lebaran 2018 ini, pihaknya menyiapkan 3.910 titik pos kesehatan yang tersebar di seluruh jalur mudik di Indonesia. Untuk wilayah Jabar sendiri, pos kesehatan ini ada sekira 600 titik.

"Kami siagakan pos kesehatan ini untuk melayani pemudik," ujar Nila kepada Okezone di sela-sela kunjungannya ke Pos Kesehatan di rest area KM 88 Tol Purbaleunyi.

Di pos kesehatan yang disiapkannya ini, fasilitasnya cukup lengkap. Selain tempat perawatan dan ruang informasi yang memadai, di lokasi ini juga disiagakan ambulans.

"Jadi, kalau terjadi sesuatu yang lebih berat terhadap pemudik, dokter di pos layanan kni akan merujuknya ke rumah sakit terdekat," jelas dia.

Dalam hal ini, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat. Karena, selain menyiapkan pos layanan, pihaknya pun meminta supaya pelayanan di setiap puskesmas di wilayah tersebut lebih dimaksimalkan selama mudik nanti.

"Isu kesehatan tidak mengenal libur. Kesiapsiagaan sudah menjadi SOP dalam masa apapun. Demikian pula pada masa cuti bersama dan libur lebaran, pelayanan kesehatan tetap harus berjalan seperi biasa," tambah dia.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...