Lingkungan

Waduh! Cadangan Ikan Australia Menurun

Ilustrasi terumbu karang yang tidak dihuni ikan. (sumber;internet)

SYDNEY - Penangkapan ikan yang berlebihan telah menyebabkan cadangan ikan besar di Australia, seperti ikan kapas (Bream) dan kakap (snapper), menurun hingga sepertiga. Demikian kesimpulan dari sebuah penelitian terbaru yang disebut sebagai peringatan kewaspadaan bagi Australia.

Tetapi otoritas yang mengelola perikanan Australia telah menepis hasil kesimpulan dari penelitian ini dan menyebutnya terlalu berlebihan.

Penangkapan ikan yang berlebihan telah menyebabkan cadangan ikan besar di Australia, seperti ikan kapas (Bream) dan kakap (snapper), menurun hingga sepertiga. Demikian kesimpulan dari sebuah penelitian terbaru yang disebut sebagai peringatan kewaspadaan bagi Australia.

Tetapi otoritas yang mengelola perikanan Australia telah menepis hasil kesimpulan dari penelitian ini dan menyebutnya terlalu berlebihan.

Kajian yang dilakukan selama 10 tahun dan mengamati hampir 200 spesies di 544 situs itu, menemukan penyebab utama dari penurunan populasi perikanan tersebut adalah penangkapan ikan yang berlebihan, tetapi perubahan iklim juga turut berkontribusi.

Penelitian ini membandingkan area di mana penangkapan ikan diizinkan untuk menjadi area taman laut di mana didalamnya terdapat zona penangkapan ikan atau zona penangakapan ikan terbatas atau zona dilarang mengambil ikan. Penelitian ini menyimpulkan di Kawasan yang dibolehkan menangkap ikan, jumlah ikan yang besar telah menurun sebesar 36 persen.

Sementara di kawasan dimana penangkapan ikan dibatasi hanya terjadi penurunan populasi cadangan ikan sebesar 18 persen, sedangkan di zona dilarang menangkap ikan, cadangan ikan tetap stabil.

Peneliti dalam riset ini mengatakan ada kebutuhan mendesak untuk menetapkan zona perlindungan bagi ikan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...