Life

Biar Tetap Mesra, ini Tips Komunikasi Untuk Pasangan Long Distance Marriage

Ilustrasi long distance marriage. (sumber;internet)

PEKANBARU - Sekarang ini semakin banyak pasangan yang berani mengambil risiko menikah namun harus tinggal berjauhan untuk sementara waktu. Mungkin istilah yang populer digunakan untuk menyebut kondisi ini adalah long distance marriage.

Banyak alasan yang mungkin menyebabkan pasangan harus menjalani long distance marriage. Entah itu tuntutan pekerjaan atau alasan lain. Hambatan jarak jelas bisa menjadi tantangan berat. Rawan menimbulkan konflik di antara pasangan. Namun komitmen tetap harus dipelihara, apa pun rintangannya.

Bagaimana caranya agar long distance marriage tidak membuat pasangan suami istri bermasalah? Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Tanamkan Rasa Saling Percaya
Sudah ada janji suci yang diucap di pernikahan. Ada ikatan pernikahan yang harus dijaga bersama. Tumbuhkan rasa saling percaya sejak awal. Sebagai suami istri semestinya sudah paham akan peran baru dengan tanggung jawab yang lebih besar. Maka dari itu, pernikahan harus didasari dengan rasa saling percaya supaya cinta bisa makin kuat meski terpisah jarak.

Mungkin saat ini harus menjalani masa-masa berat melalui long-distance relationship. Semoga kondisi tak nyaman ini hanya sementara, ya. Akan ada waktu yang sempurna nantinya bisa kembali hidup satu atap.

2. Tetapkan Aturan yang Nyaman untuk Kedua Belah Pihak
Mulai dari soal seberapa rutin harus komunikasi hingga boleh keluar dengan siapa saja ketika berjauhan perlu dibuat aturannya. Tapi tak harus terlalu mengekang juga. Tetap utamakan kenyamanan dan rasa saling percaya. Misal, saat pada jam tertentu suami bakal sangat sibuk bekerja, kita tak perlu mendadak ngambek saat dia sulit dihubungi. Komunikasi memang tetap perlu dijaga dan dilakukan secara rutin supaya hubungan tidak makin renggang.

3. Siapkan Kejutan-Kejutan Manis
Tak harus menunggu hari istimewa atau perayaan tertentu untuk mengirimkan kejutan manis. Dengan teknologi yang semakin canggih pada zaman sekarang, kita bisa saja mengirimkan bunga atau paket khusus kepada suami yang jauh di sana. Dengan cara ini, kita bisa memastikan bahwa jarak bukan penghalang untuk tetap merasa dekat satu sama lain.

4. Jangan Buru-Buru Berasumsi saat Cemburu
Menjalani long-distance marriage kita mungkin akan mudah merasakan cemburu. Tapi sebaiknya kita jangan buru-buru berasumsi. Sebagai contoh, saat kita melihat di akun media sosialnya ada foto bersama rekan-rekan kerjanya yang perempuan, langsung saja wanti-wanti untuk tidak ganjen atau genit. Ingatkan kalau status dia sekarang adalah sudah menikah dan kita adalah istrinya. Saat merasa cemburu karena suatu hal, jangan langsung mengambil kesimpulan sendiri, ya.

Demikian aneka tips yang bisa diterapkan oleh pasangan yang sedang menjalani long distance marriage.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...