Life

5 Jenis Kelelahan dan Cara Mengatasinya dalam Kehidupan Sehari-Hari Kamu

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Kelelahan merupakan salah satu hal yang kerap kamu alami dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga bisa kamu alami sepanjang waktu sehingga membuat hari-harimu tak produktif dan lelah.

Rasa lelah ini kadang juga tak benar-benar hilang walau kamu telah tidur dalam jumlah cukup. Istirahat yang kamu lakukan juga tak banyak membantu menghilangkan rasa lelah ini.

Menghilangkan rasa lelah ini tak dapat dilakukan secara seketika hanya dalam satu malam. Perlu perubahan dalam gaya hidup agar rasa lelah ini benar-benar hilang.

Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan kelelahan terus-menerus yang kamu alami. Rasa lelah yang kamu alami ini juga ternyata memiliki bermacam bentuk yang berbeda.

Terdapat sejumlah jenis berbeda dari rasa lelah ini sehingga butuh penanganan yang berbeda pula. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah jenis kelelahan yang bisa kamu alami dalam kehidupan sehari-hari.

Energi Naik Turun
Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak kafein atau minuman berenergi, seringkali energi tubuh akan meluap-luap. Konsumsi minuman dengan kadar gula tinggi bisa meningkatkan gula darah secara seketika.

Namun walau bisa memberi suntikan energi seketika, tak berselang lama tenagamu bakal kembali menurun dan kamu kembali merasa lelah. Perubahan yang terjadi pada tingkat gula darah bisa membuatmu lelah sehingga setelah energi berlimpah, maka akan turun seketika dan kamu mengalami kelelahan.

Cara Mengatasinya: Konsumsi makanan kaya protein dan serat untuk menghindari kondisi ini. Selain itu usahakan agar jangan ada jarak waktu terlalu lama antara waktu makan.

Kurang Stamina
Jika kamu merasa kelelahan luar biasa serta tidak memiliki keinginan untuk melakukan apa-apa, hal ini bisa disebabkan karena menurunnya kadar zat besi dalam tubuh. Zat besi merupakan komponen penting hemoglobin dan bahan bakar dari sel otak. Kekurangan zat besi dalam otak biasa dialami wanita yang mengalami menstruasi menyakitkan.

Cara Mengatasinya: Untuk mengatasi masalah ini, makan lebih banyak daging merah, sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah yang dikeringkan.

Lelah Karena Perut Kosong
Jika kamu sering melewatkan waktu makan, maka sebaiknya pikirkan kembali pola makan yang kamu miliki. Beraktivitas secara konstan dalam kondisi perut kosong bisa menyebabkan energi dalam tubuh menurun.

Kamu perlu memeriksa tingkat magnesium ketika mengalami kondisi ini. Kandungan magnesium ini bertanggungjawab untuk memproduksi energi pada tubuh sehingga kurangnya hal ini menyebabkan kamu merasa lelah.

Cara Mengatasinya; Konsumsi sayuran hijau dan biji-bijian untuk memberi suntikan energi yang dibutuhkan.

Kurang Motivasi
Rasa lelah serta kurangnya motivasi yang kamu alami bisa disebabkan karena kurangnya jenis tertentu vitamin B. Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan kamu mudah marah serta buruknya ingatan dan konsentrasi.

Cara Mengatasinya: Usahakan untuk membatasi asupan alkohol serta konsumsi makanan kaya protein.

Lelah Namun Susah Tidur
Ketika kamu merasa lelah namun sulit untuk tertidur, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kafein yang kamu konsumsi. Walau konsumsi kafein bisa meningkatkan energi, namun selanjutnya minuman ini bisa membuatmu lelah dan sulit tidur.

Cara Mengatasinya: Ganti kopi dengan minuman lain misalnya teh herbal atau air putih.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...