News

PJU di Pekanbaru Padam Masal, Kabarnya Pemko Tunggak Rp36 Miliar

Ilustrasi suasana Kota Pekanbaru yang PJU nya dipadam. (sumber;internet)

PEKANBARU - Pemadaman listrik dengan berbagai alasan PLN sudah biasa dialami masyarakat. Namun bagaimana jika seluruh Penerangan Jalan Umum (PJU) yang padam secara bersamaan?

Hal tersebut dialami warga Pekanbaru Kamis (21/6/2018) malam. Hampir seluruh PJU baik di Jalan Protokol maupun lintas mengalami padam. Dari pantauan, jalan Tambusai, pemadaman juga terjadi di Jalan Arifin Ahmad, Soekarno Hatta, SM Amin dan HR Soebrantas. Lalu apa penyebabnya?

Dari informasi yang diperoleh, kabarnya salah satu penyebab pemadaman tersebut adalah surat yang sempat dilayangkan PLN kepada Pemko Pekanbaru terkait tunggakan PJU selama tiga bulan sejumlah Rp36 miliar. Kabar tersebut diakui Plt Kadishub Pekanbaru Kendi Harahap. 

"Soal surat pemberitahuan dari PLN, itu memang pernah diterima. Namun soal pembayaran itu tergantung BPKAD. Mungkin saja itu penyebabnya, tapi nanti coba kami cari informasi jelasnya," terangnya. 

Terkait hal tersebut, Manager PLN area Pekanbaru Kemas Abdul Gafur melalui Humas PLN area Pekanbaru Komang masih belum menjelaskan penyebab pemadaman tersebut. Sementara itu, soal tunggakan, Sekretaris Kota Pekanbaru M Noer mengakuinya. Meski begitu, M Noer menyatakan Pemko Pekanbaru berang dengan tindakan sepihak dari PLN tersebut. 

"Saya sedang cek di jalan-jalan protokol. Jika soal tunggakan, Pemko ini mau bayarkan, tapi ini PLN-nya sudah kurang ajar pedamkan PJU sepihak," tegas M Noer, Kamis (21/6/2018) malam. 

Meski begitu, dia menyebutkan Pemko hanya membayarkan tungakan sesuai dengan perhitungan Pemko. Pasalnya, dari surat tagihan yang disampaikan PLN, ada selisih yang cukup besar. Jika biasanya tiap bulan Pemko hanya membayar Rp7-8 miliar, dalam tagihan justru mencapai Rp15 miliar tiap bulannya. Dia beralasan, jumlah tersebut termasuk pemakaian PJU 'liar' yang jumlahnya mencapai 27 ribu titik. 

M Noer juga menuding pihak PLN enggan memberikan data sebenarnya tagihan dan jumlah PJU untuk dapat disesuaikan dan di kroscek dilapangan. Untuk selanjutnya, M Noer menyatakan Pemko akan melakukan komunikasi ke pihak PLN terkait peristiwa tersebut.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...