Health

BPOM : Susu Kental Manis Adalah Susu, Yang Salah Itu Iklan-nya

Illustrasi susu kental manis. (sumber;internet)

JAKARTA - Polemik Susu kental manis (SKM) sampai saat ini masih diributkan. Berbagai informasi hingga kampanye hentikan kosumsi SKM bergema di warganet. Karena itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali menegaskan jika SKM itu merupakan produk yang mengandung susu.

"SKM ada kandungan susunya, tapi dikonsetrasikan. Dan ditambah gula, airnya dikondensasikan dikentalkan ditambah gula" ujar Kepala BPOM RI, Penny Lukito di Jakarta, Senin (9/7/2018).

Penny menyatakan bahwa tidak ada permasalahan mengenai kandungan SKM walaupun hanya mengandung susu beberapa persen saja. Namun, ada pelanggaran oleh beberapa produsen mengenai iklan dan label pada produknya.

"Iklan yang selama ini ada yang melanggar memberikan visualisasi bahwa SKM ini bisa jadi pengganti susu bernutrisi. Itu akan memberikan persepsi yang salah pada masyarakat," jelasnya.

Kepala BPOM melanjutkan bahwa SKM tidak diperuntukkan anak di bawah lima tahun. Begitu pula pada iklan, produsen dilarang untuk menggunakan visualisasi anak-anak.

"Tidak boleh ada anak kecil di bawah lima tahun di iklan. SKM itu hanya untuk pelengkap sajian, itu memang susu tapi untuk pelengkap," tegas Penny sekali lagi.

"Itu (SKM) kandungan gulanya banyak, jangan dibiasakan anak kecil makan banyak gula dari kecil," lanjutnya.

Sebelumnya pun BPOM sudah mengeluarkan surat edaran mengenai iklan dan label pada produsen-produsen SKM dengan mengeluarkan empat larangan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...