Health

Waspada! Ini Yang Harus Diperhatikan Ketika Diabetes saat Hamil

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Diabetes gestasional atau diabetes saat hamil merupakan kondisi tingginya kadar gula darah melebihi normal yang terjadi hanya saat hamil. Kondisi ini ternyata berdampak bahaya pada janin yang dikandungnya.

Ibu yang menderita diabetes gestasional, berisiko besar menurunkan kondisi tingginya kadar gula darah kepada janinnya. Di masa yang akan datang, janin tersebut berpeluang untuk menderita diabetes.

"Ibu penderita diabetes gestasional, 90 persen anaknya akan menderita diabetes. Tidak langsung saat itu juga, tapi bisa saat anak itu berusia 15 tahun atau 40 tahun," ujar wakil Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) sekaligus spesialis penyakit dalam, dr. Fatimah Eliana, SpPD, KEMD, di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Kondisi hamil memang rentan memicu resistensi insulin yang disebabkan oleh plasenta yang tumbuh di dalam rahim. Hal ini membuat kadar gula darah kian meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

"Sebaiknya ibu hamil tidak hanya melakukan pemeriksaan gula darah di trimester 1 saja. Karena di trimester 3, di awal usia hamil 20 minggu, sebaiknya juga cek kadar gula darah untuk memastikan kondisinya," kata dia.

Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan gula darah sebanyak dua kali di masa kehamilannya agar bisa mencegah kondisi diabetes gestasional. Pemeriksaan gula darah tersebut bisa dilakukan melalui pemeriksaan glukosa darah sewaktu mau pun tes toleransi glukosa oral selama tiga kali yaitu dengan puasa di delapan jam pertama, lalu satu jam setelah pemeriksaan pertama dan kedua.

"Karena yang perlu diwaspadai adalah kriteria diabetes ibu hamil angkanya jauh lebih rendah dibanding orang normal. Orang biasa yang tidak hamil dengan angka glukosa darah puasa di atas 126 baru dinyatakan diabetes. Sementara ibu hamil, angka di atas 100 saja sudah dianggap diabetes," tutupnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...