Ponsel

Waspada, 'Katanya' Smartphone Android Murah Bisa Jadi Mata-mata?

Ilustrasi mata-mata. (sumber;internet)

IDNJurnal - Smartphone Android murah kini merajalela dan menjadi primadona. Tapi, tahukah Anda jika ponsel pintar itu bisa menjadi mata-mata?

Sebuah laporan yang dikutip dari The Wall Street Journal mengungkap, ada produsen smartphone Android murah yang mengumpulkan data pengguna. Tentu saja hal ini sangat membahayakan. Pasalnya, data pengguna ini dijual secara diam-diam ke perusahaan iklan demi keuntungan produsen tersebut.

Smartphone Android murah yang dimaksud adalah Singtech P10 yang di jual di Myanmar dan Kamboja. Dimana pabrikan menjual data kepada General Mobile Corp (GMobi), sebuah perusahaan periklanan Taiwan namun berbasis di Shanghai.

Perusahaan ini menggunakan data yang dibelinya untuk mengirimkan iklan tertarget di perangkat tersebut. Dengan alasan untuk memahami konsumen, terkadang GMobi berbagi data dengan vendor produsen smartphone Android murah tersebut.

Kadang-kadang GMobi berbagi data dengan vendor produsen smartphone Android murah tersebut untuk membantu mereka memahami konsumen. Menurut laporan tersebut, beberapa data yang dikumpulkan antara lain nomor IMEI, MAC address, hingga lokasi pengguna.

Data-data tersebut didapatkan dari aplikasi GMobi yang terinstal dalam smartphone. Kemudian aplikasi GMobi akan mengirimkan datanya ke server yang berlokasi di Singapura.

Menurut yang dilansir Android Central, Per Mark Groman mengungkapkan GMobi mengeksploitasi kelemahan finansial pengguna di negara berkembang yang tidak mampu membeli perangkat bagus.

"Perangkat itu justru melacak kebiasaan mereka," kata mantan Senior Privacy Adviser di White House Office Management and Budget tersebut. Berkaca dari kasus ini, jangan sembarangan beli ponsel murah. Ternyata ada sesuatu dibalik smartphone Android murah.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...