Health

Kaum 'Gay' Pekanbaru Penderita HIV Meningkat

Ilustrasi HIV. (sumber;internet)

PEKANBARU - Kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) pada kaum gay atau pecinta sesama jenis meningkat jika dibandingkan pada pekerja seks komersial (PSK) di Kota Pekanbaru. Sementara secara keseluruhan, kasus HIV/AIDS di Kota Pekanbaru hingga Juni 2018 tercatat ada sebanyak 156 kasus.  Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Kota Pekanbaru, Gustiyanti, Kemarin.

"Setiap bulan ada kasus baru di Kota Pekanbaru. Kasus HIV pada PSK menurun jika di bandingkan dengan homo yang justru meningkat. Terbanyak usia produktif, 20 tahun sampai 49 tahun," ujarnya.  

Meskipun tidak memberikan secara rinci berapa angka pasti penderita HIV pada homo dan PSK selama 2018, Gustiyanti menuturkan angka keseluruhan kasus HIV/AIDS di Pekanbaru diduga masih belum tercatat seluruhnya. Hal ini dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang enggan melaporkan penyakit tersebut.  

"Duduga masih banyak yang malu telah terjangkit HIV/AID. Padahal kami sangat menjaga kerahasiaan data pengidap. Hal tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Padahal setidaknya ada 21 puskesmas dimana pengidap bisa tes HIV/AIDS gratis," tuturnya.  

Lanjut Gustiyanti, pihaknya mengklaim telah melakukan edukasi kepada penderita HIV/AIDS. Termasuk melakukan penyuluhan.  

"Diskes Pekanbaru selama ini telah memberikan edukasi ke penderita. Hal tersebut dilakukan sebelum terlambat, karena selama ini banyak yang meninggal akibat terlambat mengetahuinya," tutupnya.* 




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...