Lingkungan

Gunung Agung Kembali Meletus, Semburkan Abu Setinggi 2 Km

Ilustrasi gunung agung meletus lagi. (sumber;internet)

KARANGANSEM - Gunung Agung kembali meletus pada Jumat (27/7/2018) sekira pukul 14.06 Wita. Letusan kali ini menyemburkan abu dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter (2 km) di atas puncak atau 5.142 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan data KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung secara visual kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 1 menit 32 detik. Sampai saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III atau Siaga.

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya. Zona tersebut adalah di seluruh area di dalam radius 4 km dari kawah Puncak Gunung Agung.

PVMBG menilai zona perkiraan bahaya menilai sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling terbaru. Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. Dikabarkan sebelumnya bahwa pada 24 Juli 2018, Gunung Agung meletus sebanyak tiga kali.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...