Ekonomi

BI : Tukarkan Kartu Debit Lama dengan Kartu Baru Berlogo GPN

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU -  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau menyiapkan 4.000 keping kartu ATM atau kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk disebar ke masyarakat.

Kepala BI Riau Siti Astiyah mengatakan ada sembilan bank yang digandeng oleh Bank Indonesia perwakilan Riau, diantaranya yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Riau Kepri, Bank Permata, Bank BCA, Bank Mandiri Syariah, dan Bank CIMB Niaga.

"Kita menyiapkan 4.000 keping kartu ATM berlogo GPN yang bisa ditukarkan oleh masyarakat. Kartu ATM atau debit lama tinggal ditukarkan saja dengan kartu GPN. Penukaran kartu berlogo GPN ini, sudah bisa dilakukan dari tanggal 29 Juli hingga 3 Agustus 2018," ujar Siti.


"Selanjutnya akan dilakukan kegiatan serupa secara bertahap pada tiga tahap berikutnya yang akan diselenggarakan hingga Oktober 2018 mendatang," tambahnya.

Menurut Siti lagi, ada lima manfaat bila menggunakan kartu ATM atau debit berlogo GPN. Pertama, masyarakat dapat mengunakan kartu berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

Kedua, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM atau debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi, serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

Ketiga, masyarakat tidak dikenai biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR). MDR adalah tarif yang dikenakan kepada pedagang oleh bank. 

Keempat, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

"Dan yang terakhir, biaya administrasi lebih murah karena seluruh proses dilakukan di domestik sehingga lebih efisien," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...