News

Jumlah Korban Tewas Gempa Lombok Simpang Siur

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Kantor berita Antara menyebutkan jumlah korban tewas akibat gempa di Pulau Lombok telah meningkat menjadi 347 orang. Gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter yang terjadi hari Ahad (5/8/2018) menyebabkan puluhan ribu penduduk kehilangan tempat tinggal seta ribuan turis terlantar di bandara.

Bantuan dilaporkan telah menjangkau daerah-daerah terpencil sementara kemarin tim penyelamat mengintensifkan upaya menemukan korban yang berada di bawah reruntuhan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan jumlah korban tewas 131 orang, namun lembaga pemerintah lainnya termasuk militer melaporkan angka yang jauh lebih tinggi.

Gubernur NTB, militer, tim SAR dan Bupati Lombok Utara mengeluarkan angka korban yang berbeda-beda, mulai dari 226 hingga 381 orang. Namun Sutopo Purwo Nugroho dari BNPB menegaskan informasi dari sumber-sumber tersebut tidaklah lengkap dan belum diperiksa apakah terjadi duplikasi.

Sebelumnya dia mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan meningkat.

Menurut Sutopo, pertemuan antarinstansi akan digelar hari Kamis (9/8/2018) untuk menyelaraskan informasi mengenai jumlah korban.

Facebook meminta maaf

Sementara itu di media sosial, pihak Facebook meminta maaf karena adanya settingan otomatis yang menampilkan balon konfeti untuk setiap postingan yang mengandung kata "selamat" terkait bencana Gempa Lombok.

External Link: Herman Saksono tweet: “Congrats” in Indonesian is “selamat”. Selamat also means “to survive.” After the 6.9 magnitude earthquake in Lombok, Facebook users wrote “I hope people will survive”.

Banyak pengguna Facebook di Indonesia menulis pesan menggunakan kata "selamat" untuk mengabarkan "selamat dari bencana", namun settingan Facebook secara otomatis menampilkan balon konfeti, seakan-akan menunjukkan "selamat" yang bermakna "perayaan kegembiraan atau keberhasilan".

"Fitur tersebut tersedia di Facebook secara global," kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan.

"Namun kami menyesal bahwa hal itu muncul dalam konteks ini. Sejak itu kami mematikan fitur tersebut secara lokal," tambahnya.

Banyak pengguna Facebook yang berada di Lombok menggunakan fitur yang memungkinkan mereka memberi tahu teman dan keluarganya bahwa mereka dalam kondisi aman.

Namun menurut Siane Monreal dari Palang Merah Internasional (ICRC), perusahaan medsos seharusnya mengambil bertindak lebih baik ketika merancang fitur-fitur medsos yang terkait dengan bencana alam.

"Bayangkan bila Anda menunggu kabar berjam-jam dari kerabat. Mengkhawatirkan yang terburuk. Lalu melihat di Facebook mereka baik-baik saja dan kemudian muncul fitur balon-balon itu," katanya.

"Jelas itu bukan suatu perayaan. Sangat tidak pantas," ujarnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...