Pendidikan

Asik! Tahun Depan ada 57 Juta Beasiswa

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan pemerintah telah memberikan bantuan pendidikan dan beasiswa bagi seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Pemerintah pun akan menjanjikan akan memberikan beasiswa kepada puluhan juta pelajar melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Jokowi menjelaskan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) dalam bidang pendidikan akan terfokus pada pemberian beasiswa melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sebab, BOS dianggap mampu meningkatkan partisipasi anak-ana Indonesia untuk bersekolah.

"Belanja negara untuk bidang pendidikan pada tahun 2019 juga akan diarahkan untuk memperkuat program BOS bagi 57 juta siswa," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan pada acara Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I tahun sidang 2018-2019 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Kamis (16/8/2018).

Selain itu, anggaran negara tahun 2019 pun akan digunakan untuk meningkatkan kualitas guru PNS serta non-PNS melalui tunjangan profesi serta percepatan pembangunan dan rehab sekolah.

Jokowi pun menambahkan, RAPBN 2019 akan memberikan ribuan fasilitas bagi ruang praktik Sekolah Menengah Kejuruan dan membantu pelatihan bagi ribuan mahasiswa.

"Ditujukan untuk membangun 1.407 ruang praktik SMK dan bantuan pelatihan/sertifikasi 3.000 mahasiswa, memperkuat program vokasi yang lebih masif dan terintegrasi lintas kementerian, serta pembangunan sarana kelas dan laboratorium di 1.000 pesantren," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...