Eksbis

Rempah-rempah Tremahal Didunia dari Indonesia, ini Daftarnya

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Indonesia, negara kaya akan sumber daya alam tentu sudah bukan lagi rahasia. Selain mineral, Indonesia juga kaya akan rempah-rempah bernilai tinggi di pasar luar negeri.

Harga dari rempah Indonesia berkisar antara Rp 87.000 per pound (1 pound = 0,4 kilogram) untuk kayu manis. Sementara, cengkih dan kapulaga malah lebih mahal lagi. Guna rempah itu pun bervariasi, tak hanya sebagai bahan makanan, tapi bahan kopi, sampai parfum.

Apa saja rempah Indonesia yang termahal di dunia itu? Dilansir dari Money Inc, berikut daftar lima rempah paling mahal di dunia. Harganya ditakar per pound dan asumsi USD 1 = Rp 14.590.

1. Kayu Manis
Harga per pound: USD 6 (Rp 87.000)
Kayu manis dipakai agar makanan makin manis dan gurih. Sedikit kayu manis sudah bisa memberikan cita rasa berbeda pada makanan. Bahkan kayu manis tidak asing dipakai untuk komposisi parfum terkenal.

Rumah dari kayu manis ialah negara-negara tropis seperti Sri Lanka, India, dan Indonesia. Untuk kayu manis, Indonesia memang menjadi eksportir utama di dunia.

2. Cengkeh
Harga per pound: USD 7 (Rp 102.000) sampai USD 10 ( Rp 145.000)
Satu lagi bumbu khas Indonesia yang ternyata cukup mahal di luar negeri. Tidak hanya lezat di makanan, cengkih juga punya khasiat medis dan bisa dipakai untuk parfum.

Pada kuliner, cengkih biasa dipakai untuk menu ham serta bermacam kue-kue. Salah satu daerah Indonesia yang menghasilkan cengkih adalah Maluku.

3. Kapulaga
Harga per pound: USD 30 (Rp 437.000)
Tidak seperti cengkih dan kayu manis yang sudah populer, nama kapulaga mungkin belum terlalu dikenali khalayak, tetapi harganya bisa mencapai Rp 437.000 per pound.

Kapulaga dikenal dengan nama cardamom. Di Indonesia, rempah ini memiliki beberapa varian seperti kapulaga dari Jawa dan Bengkulu. India pun memiliki kapulaga jenis mereka sendiri. Guna kapulaga tidak hanya untuk memasak, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh, seperti untuk jantung dan ginjal.

4. Vanili
Harga per pound: USD 50 (Rp 729.500) sampai USD 200 (Rp 2,9 juta)
Vanili (bahan pembuat vanila) sebetulnya berasal dari Meksiko, tapi di Indonesia pun sudah gencar dibudidayakan. Sekarang, Indonesia menjadi salah satu negara dengan produksi vanili terbesar di dunia.

Memang vanili bisa sangat mahal, bahkan yang dari Meksiko dan Madagaskar bisa sampai Rp 2,9 juta per pound. Namun, untungnya, hanya butuh sedikit vanili untuk memberikan cita rasa pada makanan.

5. Saffron
Harga per pound: USD 1.600 (Rp 23,3 juta) sampai USD 5.000 (Rp 72,9 juta)
Saffron berasal dari sejenis bunga yang berasal dari wilayah Asia Tengah. Untuk mendapatkan satu pound saffron, membutuhkan sekitar 80.000. Alhasil, harga saffron menjadi sangat mahal.

Menambahkan beberapa helai saffron bisa menghadirkan rasa manis pada makanan. Mencampurkan rempah ini ke makanan juga memberikan secercah warna kuning emas yang cantik.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...