Politik

Besok 9 Gubernur Dilantik di Jakarta, Riau kapan?

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo sempat menyebut ada 8 gubernur terpilih yang akan dilantik besok. Jumlah itu bertambah 1 jadi 9 gubernur-wagub. Siapa saja?

"Ridwan Kamil masuk (dilantik besok). Jadi 9 pasang," kata Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono saat dikonfirmasi, Selasa (4/9/2018). 

Dari data yang disebut Sumarsono, selain Gubernur Jabar ada juga gubernur-wakil gubernur terpilih yang akan dilantik besok. Diantaranya Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (Sulsel), Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Sumut), Ali Mazi-Lukman Abunawas (Sultra), Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Jateng), I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Bali), Sutarmidji dan Ria Norsan (Kalbar), Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (NTT), Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Papua).

Sebelumnya diberitakan, Tjahjo mengatakan pelantikan ini dilakukan karena tidak adanya gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Dia awalnya menyebut ada delapan daerah yang gubernurnya dilantik besok. 

"Memang delapan daerah ini sudah tidak ada gugatan ke MK, walaupun antara KPU dibatasi tahapannya hingga 16 September (2018). Tetapi, kemudian setelah dicek, tidak ada gugatan, maka bisa dipercepat," kata Tjahjo di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (4/9/2018).

Ridwan Kamil juga sudah mendengar kabar akan dilantik besok. Dia lalu langsung beres-beres kantor walikota Bandung.

"Pertadi pagi ada radiogram dari Kemendagri untuk (pelantikan gubernur) Jabar tidak tercantum. Tapi sejam lalu melalui Dirjen Otda setelah koordinasi dengan istana, saya besok dilantik," ujar Emil di Balai Kota Bandung.

Lalu Gubernur Riau terpilih kapan dilantik? untuk hal ini, Asisten I Setdaprov Riau, Ahmadsyahharofie menyatakan pelantikan dilakukan pada Maret 2019 akan datang.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...