Politik

Dana Kampanye Partai Ini Cuma Rp 50.000, Itu Juga Dari Saku Ketua

Kota Semarang. (sumber;internet)

SEMARANG - Laporan awal dana kampanye (LADK) Parpol peserta Pemilu di Kabupaten Semarang, cukup beragam jumlahnya. Paling tinggi ada yang melaporkan Rp 10 juta, namun ada pula yang hanya melaporkan Rp ribu. Itu pun uang pribadi ketuanya.

Komisioner KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi, mengatakan sebanyak 15 partai politik peserta Pemilu 2019 telah melaporkan LADK pada tanggal 23 September 2018. 

"Untuk rekening awal dana kampanye yang tertinggi ada di PDI Perjuangan sebesar Rp10.001.425, sedangkan terkecil ada di Partai Bulan Bintang sebanyak Rp 50.000," katanya saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Semarang, Selasa (25/9/2018).

Namun demikian PBB adalah salah satu parpol yang melakukan perbaikan LADK, bersama 3 parpol lainnya yaitu PPP, PAN, PSI dan PBB. Perbaikan tersebut karena ada kekurangan berkas pada beberapa dokumen yang setelah dilakukan penelitian. Perbaikan dilakukan dari tanggal 23-27 September 2018.

Di Kabupaten tersebut hanya 15 parpol yang tercatat di KPU, yaitu PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS dan Perindo. Selain itu ada PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat dan PBB.

Ketua DPC PBB Kabupaten Semarang, Nurdin Jadid, saat dikonfirmasi membenarkan laporan dana awal kampanye ke KPU Kabupaten Semarang sebesar Rp50.000.

"Iya Rp50.000. Nggak ada dana. Dari partai belum ada sumbangan. Itu uang saya sendiri," katanya saat dihubungi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...