Ekonomi

Triwulan II, Investasi Masuk Pekanbaru Rp3,7 Triliun

Pekanbaru. (sumber;internet)

PEKANBARU - Kota Pekanbaru terus menjadi daerah ramah investasi. Terbukti hanya dalam tempo triwulan ke 2, sudah Rp3,7 Triliun tertanam di Kota berjuluk Smart City Madani. Dengan antusias dan jaminan kenyamanan investasi, Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, M Jamil memperkirakan target Rp5 Triliun bisa over diakhir tahun ini. 

"Tahun ini target kita Rp8 Triliun, yaitu Rp5 T Penanaman Modal Asing (PMA) dan Rp3 T untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Sementara triwulan II sudah lebih 40 persen. Ini juga masih ada beberapa proses perizinan. InsyaAllah, bisa over target," terang Jamil. 

Dijabarkannya, realisasi investasi Rp3,7 triliun tersebut terdiri dari Rp2 triliun investasi dari PMA dan Rp1,7 triliun PMDN dimana yang paling banyak dari jasa konstruksi. Meski tetap optimis, namun disebutnya Rencanan Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang tak kunjung disahkan juga menjadi hambatan tersendiri dalam investasi ini. 

Padahal, tambahnya, kawasan industri Tenayan yang saat ini menjadi Tenayan Eco Industrial Park (TEIP) sudah banyak diminati dan 'dijual' kepada calon investor. Namun, karena RTRW belum selesai, beberapa calon investor masih enggan masuk. 

"Kita sudah sampaikan kepada para investor. Baik itu yang ada di dalam negeri mau pun ada di luar negeri bahwa KIT itu sudah dapat beroperasi hanya menunggu persiapan-persiapan tadi. Jadi kita berinvestasi dominannya nanti di KIT. Karena nantinya dapat membuka kesempatan kerja bagi tenaga kerja di Pekanbaru," jelasnya.* 



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...