Otomotif

Mobil Bekas Rush-Terios Juga Sepi Peminat

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Lahirnya generasi baru Toyota Rush dan Daihatsu Terios dianggap telah melunturkan pamor model lama di bursa mobil bekas. Efeknya, sejumlah pedagang mobil bekas memilih tidak lagi menawarkan model lama kedua model tersebut karena sudah minim peminat. 

Salah satu penyelenggara jual beli mobil bekas online, Mobil123.com, menjelaskan dari keterangan rekanan pedagang, calon konsumen saat ini lebih tertarik membeli model baru. 

"Karena itu banyak dealer yang memang tidak terlalu mau (menawarkan model lama). Penjualannya saja hanya di bawah lima persen," kata Kepala Klasififikasi Mobil123.com Bayu Agung saat ditemui di kawasan Blok S, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2018).

Hal serupa juga dikatakan Herjanto Kosasih, Senior Manajer WTC Mangga Dua yang memiliki bursa mobil bekas. Menurut Herjanto, pasar mobil bekas model lama semakin tergerus.

"Paling maksimal sekarang pedagang bisa jual 20 unit sebulan. Itu juga mobil sudah lari ke pelosok pembelinya" ucap Herjanto.

Selain Rush dan Terios, model kembar lainnya dari Toyota dan Daihatsu, Avanza dan Xenia, pamornya juga mulai meredup di pasar mobil bekas. Alasan utamanya bukan karena sudah hadir model baru, namun sedang terjadi kejenuhan. Masyarakat lebih memilih model low MPV lain ketimbang Avanza atau Xenia.

Pilih Pajero Sport atau Fortuner 

Selain kalah pamor dengan model baru, permintaan model lama Rush dan Terios juga menurun karena dikatakan tren mencari SUV bekas sedang bergeser ke kelas medium yang diisi Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. 

"Untuk kelas menengah masih. Apalagi kalau bicara kelas Pajero Sport, jadi primadona. Yang lagi in sekarang itu keluaran 2013," ujar Herjanto.

Dari penelusuran CNNIndonesia.com harga Fortuner produksi 2013 berkisar di angka Rp240 juta sampai Rp290 juta. Sedangkan untuk Pajero Sport produksi tahun sama, harganya pun tidak jauh berbeda, sekitar Rp250 - Rp300 juta.

"Jadi para dealer banyak yang cari di sana, karena margin mereka juga besar di sana," ucap Herjanto.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...