Lingkungan

Sumatera 211 Hotspot, Kabut Asap 'Kembali' ke Riau?

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Titik panas (hotspot) di wilayah Sumatra terus bertambah. Hari ini saja ada 211 hotspot yang terpantau mengepung wilayah Sumatera. Pantauan satelit modis terra dan aqua, 211 hotspot tersebut terpantau di 7 provinsi di pulau Andalas.

"Hotspot terbanyak di Riau," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sukisno, Sabtu (29/9/2018).

Ia menjelaskan, 211 hotspot terpantau di Jambi 27 titik, Sumatera Barat 2 titik, Bangka Belitung 24 titik, Sumatera Selatan 70 titik, Bengkulu 6 titik, Lampung 9 titik dan Riau 73 titik.

"Untuk wilayah Riau, 73 hotspot terpantau di 4 wilayah yaitu di Indragiri Hulu 13 titik, Indragiri Hikur 51 titik, Pelalawan 6 titik dan Meranti 3 titik," ujar Sukisno.

Dijelaskan Sukisno lagi, dari jumlah tersebut, 54 titik diantaranya memiliki label confidence di atas 70% yang berarti di wilayah tersebut diduga kuat ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"Adapun 54 titik tersebut berada di Indragiri Hulu 12 titik, Inhil 41 titik dan Meranti 1 titik," ungkapnya.

Meningkatnya jumlah titik panas di Riau ini harus diwaspadai. "Untuk itu kita terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," jelasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...