Ekonomi

Pagi Ini Dolar AS 'Nyaris' Rp 15.000

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) pagi ini naik tajam. Dikutip dari data perdagangan Reuters, Selasa (2/10/2018), dolar AS terpantau sudah berada di level Rp 14.985 pada pukul 09.10 WIB.

Dolar AS terpantau bergerak dari level Rp 14.915 hingga 14.985. Sepanjang hari ini, nilai tukar dolar AS menggambarkan grafik ke atas yang cukup tajam.

Dolar AS sendiri masih berada di level Rp 14.910 pada Senin (1/10) kemarin. Sebelumnya nilai tukar dolar AS mencapai level tertingginya pada bulan lalu yang mencapai 14.999.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan nilai tukar dolar AS yang hampir menyentuh Rp 15.000 sendiri banyak dipengaruhi kondisi global. Mulai dari kenaikan suku bunga acuan AS, kebijakan moneter The Fed, hingga pengaruh perang dagang AS.

Akibat berbagai kebijakan dari AS tersebut membuat peredaran mata uang dolar AS jadi terbatas. Hal ini yang terjadi di Indonesia dan menyebabkan pasokan dolar AS di dalam negeri menjadi berkurang.

Terlebih, tingkat ekspor Indonesia saat ini masih lebih rendah dibandingkan impor, atau defisit. Karenanya, permintaan terhadap barang dan jasa impor justru semakin meningmat dan membuat dolar AS menjadi lebih mahal. 

"Demand lebih banyak impor barang dan jasa, maka harga dolar AS menjadi mahal. Hukum supply-demand," ujarnya beberapa waktu lalu.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...