Health

Setelah Bercinta Jangan Langsung Mengenakan Celana Dalam, Ini Bahayanya

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Berhubungan intim secara rutin penting untuk kelangsungan pernikahan. Namun, ada hal yang tidak kalah penting dari seks itu sendiri, lho. Menurut Sara Twogood, asisten profesor kebidanan dan ginekologi dari Fakultas Kedokteran Keck di Universitas California Selatan, menjaga kebersihan organ intim selepas berhubungan seks, rupanya juga harus diperhatikan oleh pasangan suami istri.

Nah, salah satu hal yang sering luput dari perhatian pria dan wanita adalah kebiasaan langsung mengenakan kembali celana dalam selepas bercinta. Padahal, kebiasaan ini termasuk tidak sehat. Penasaran ingin tahu alasannya?

Kenapa Berbahaya?
Dikutip dari Health, organ intim yang lembab usai bercinta menjadi alasan pria dan wanita tidak disarankan untuk langsung mengenakan celana dalam usai berhubungan seks. "Dalam kondisi lembab, organ genitalia wanita lebih rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri," ungkap Twogood. Bila sisa-sisa cairan yang keluar dari organ intim pasca berhubungan seksual menempel pada celana dalam, hal ini dapat menjadi tempat yang nyaman bagi kuman dan bakteri berkembang biak.

Karena itu, Twogood lebih menyarankan pria dan wanita untuk membersihkan organ intim terlebih dahulu usai bercinta. Lalu kenakanlah celana tidur yang longgar atau piyama. Ini pilihan yang lebih baik daripada celana dalam yang cenderung ketat. Tujuannya agar sirkulasi udara di sekitar area organ intim tetap lancar.

Membersihkan Organ Intim setelah Berhubungan Seks

Pastikan Kamu Berkemih usai Bercinta
Berkemih sangat dianjurkan usai berhubungan seks karena dengan berkemih, bakteri yang tidak sengaja masuk ke liang senggama saat berhubungan intim, akan ikut keluar bersama urine. Dengan begitu, bakteri  tidak mengendap di vagina atau saluran kandung kemih, bahkan ginjal. Meski sederhana, kebiasaan baik ini dapat menurunkan risiko penyakit seksual pada wanita.

Bilas Organ Intim dengan Air
Usai berkemih, bilaslah organ intim dengan air bersih. Sebenarnya tidak perlu menggunakan cairan antiseptik khusus vagina karena jsutru akan menggangggu keseimbangan bakteri dalam vagina. Tak perlu juga sabun mandi. “Dalam liang vagina, ada lingkungan asam dan pH yang harus dijaga secara alami. Penggunaan sabun mandi, justru hanya akan merusak kondisi ini,” jelas Twogood. 

Jangan lupa keringkan organ intim menggunakan handuk atau tisu satu kali pakai dengan lembut. Bila Kamu atau pasangan mengalami masalah pada organ intim setelah berhubungan seks, misalnya gatal, nyeri, atau pendarahan, segera obati. Gejala yang tidak kunjung sembuh bisa jadi menadakan infeksi serius di organ intim. Segera konsultasikan ke dokter untuk menentukan diagnosis serta perawatan yang tepat.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...