Pemilu Serentak 2019

Natalius Pigai Optimis Nama-Nama Ini Masuk Kabinet Prabowo

Foto: fajar.co.id

JAKARTA - Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai optimis jika dirinya dan beberapa tokoh kristen lain akan masuk ke jajaran kabinet Prabowo jika paslon nomor urut 02 itu menang Pilpres 2019.

Ada 5 nama yang dimaksud Pigai yakni, Letjen (Purn) Suryo Prabowo (eks Wakasad), Tono Suratman (Ketum KONI Pusat), Prof. Jiwandono (eks Gubernur BI), Hinca Panjaitan (Sekjen PD) dan Pigai sendiri.

Melalui sambungan telepon dengan IDNJurnal.com pada Senin (29/10/2018), Pigai mengatakan, optimisme tersebut selain karena faktor kedekatan personal, probabilitias politik kelima nama itu juga tengah berada di atas 50%.

"Potensial, potensial [...], saya sendiri meskipun masih netral, gini-gini pastilah diperhitungkan," kata Pigai.

Meski belum fix, lanjut Pigai, keberadaan nama-nama tersebut di barisan Prabowo-Sandi diyakini menjadi perhitungan tersendiri bagi paslon Joko Widodo-Maruf Amin.

"Dari sisi politik, Jokowi sangat terganggu itu," katanya.

Karena, Pigai menjelaskan, pada Pemilu sebelumnya pun Jokowi belum tentu menang jika tanpa suara umat kristiani. Sementara saat ini - di payung Prabowo, berdiri tokoh-tokoh kristiani yang cukup punya pengaruh, baik kepada publik kristen maupun kepada Prabowo sendiri jika sebagai presiden, kelak.

Bahkan, eksistensi tokoh-tokoh kristiani di ring 1 Prabowo seperti Hashim Djojohadikusumo yang mewakili Protestan dan beberapa tokoh utama Katolik lainnya, disebut Pigai sebagai bukti bahwa Prabowo lebih meng-Indonesia ketimbang rivalnya. Barisan Prabowo, tak hanya diisi jutaan umat Islam.

"Jadi Indonesia benar itu ada di situ (barisan Prabowo-red). Tapi yang ada di Jokowi, nggak tahu, Indonesia benar atau..?" ujar Pigai.

Pernyataan Pigai ini, menyusul absennya Jokowi dalam acara Pesparawi 2018 di Ambon beberapa waktu lalu. Jokowi, dianggap hanya memanfaatkan suara umat kristiani pada 2014 tapi tidak cukup peduli terhadap acara penting umat kristiani.

Tokoh-tokoh umat kristiani yang ada di lingkaran Jokowi saat ini, seperi Ignasius Jonan, Romo Benny Susetyo dan Hasto Kristianto pun dianggap Pigai tidak punya kapasitas dalam "mempengaruhi" presiden untuk kepentingan umat kristiani. Tidak seperti 5 nama yang disebut Pigai potensial masuk kabinet Prabowo, kelima nama itu diyakini lebih punya kapasitas untuk "membisiki" Prabowo.



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...