News

Innalillahi, 2 Pelajar Pekanbaru Meninggal Tertimpa Pagar Sekolah

PEKANBARU - Nasib tragis dialami beberapa pelajar di Pekanbaru. Niat mau belajar di sekolah, lima pelajar tertimpa pagar sekolah yang roboh tepat disamping mereka. Akibatnya, Yanita Octavizoly siswa kelas XII SMAN 14 Pekanbaru dan William Maleakhi, siswa kelas 1B SDN 141 meninggal. 

Dari kesaksian warga, Yenita meninggal ditempat dengan kondisi tergencet pagar SDN 141 yang baru berusia 2 tahun ini. Yenita diketahui sedang mengantar adiknya yang bersekolah disana. Sementara William yang sempat dilarikan meninggal di Rumah Sakit pada saat penanganan. Dari laporan polisi, masih ada tiga pelajar lainnya yang mengalami luka-luka akibat rubuhnya pagar setinggi 2 meter yang dibangun dengan anggaran komite sekolah tersebut. 

Kapolsek Bukitraya, Kompol Pribadi, bahwa pihaknya ikut serta mengevakuasi korban dari lokasi kejadian. Evakuasi dilakukan sekitar pukul 07.00 pagi bersama dengan Damkar Pekanbaru.

"Kita turut membawa korban ke Rumah sakit Syafira untuk menerima perawatan lebih lanjut," kata Pribadi pada Rabu (14/11/2018).

Selain korban jiwa dan luka-luka, pribadi juga mengamankan lima unit kendaraan roda dua yang rusak akibat tertimpa reruntuhan. Kendaraan tersebut nantinya akan dijadikan barang bukti untuk proses penyelidikan.

Kondisi saat ini di TKP, puing-puing reruntuhan tersebut telah dibersihkan dari jalan. Lokasi pagar tersebut juga sudah diberikan police line guna dilakukan pemeriksaan.

Dua Pekan Pagar Sudah Miring Sebelum Roboh

Robohnya pagar tembok SDN 141 Pekanbaru, Jalan Tengku Bey, ternyata sudah lama diprediksi oleh warga. Pasalnya tembok setinggi 2 meter tersebut sudah miring sejak dua pekan silam. Tidak hanya itu, warga juga mengaku sudah melapor kondisi pagar tersebut kepada pihak sekolah agar segera mengambil sikap. 

"Kami sudah sampaikan ke sekolah soal pagar miring ini. Sudah dilakukan peninjauan tapi belum dilakukan perbaikan," kata Maidir, warga sekitar dan juga saksi dari peristiwa tersebut. 

Dijelaskannya juga, sebelumnya ketinggian pagar hanya 1 meter. Namun karena banyaknya PKL berjualan di luar pagar dan siswa masih bisa menjangkau keluar, pihak sekolah meningkatkannya menjadi 2 meter. 

"Mungkin bebannya berat diatas, sementara pondasi tidak kuat. Makanya pagar ini jadi miring. Tapi harusnya sudah dirobohkan sebelum kejadian ini," tambahnya. 

Ini Kronologis dan Korban Pagar Roboh

Pada hari Rabu, 14 November 2018 sekira pukul 06.45 WIB, telah terjadi robohnya pagar tembok samping SDN 141 Jl Teuku Bey Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Panjang pagar -+ 60 M dengan ketinggian sekitar 2 meter. 

Menurut keterangan saksi pada saat mengantarkan anaknya (Korban 2) ke sekolah tepatnya di TKP menggunakan Kendaraan Sepeda motor dan memarkirkan kendaraan, namun selang beberapa saat pagar samping di TKP rubuh sehingga menimpa/menghimpit korban yang pada saat itu baru turun dari kendaraan dan beserta orang-orang yang berada di pinggiran pagar.

Dengan kejadian tersebut saksi berteriak dan meminta pertolongan warga sekitar, kemudian warga bersama2 mengevakuasi korban. Sekira pukul 07.00 WIB Petugas Polsek Bukit Raya dan Unit Damkar Kec Bukit Raya tiba di TKP dan selanjutnya ikut bersama-sama mengevakuasi korban. Kemudian korban di bawa oleh Petugas Polsek Bukit Raya ke RS Syafira Jl Sudirman Pekanbaru.

Menurut keterangan KEPSEK SDN 141 An. ENDANG QILATSIH, M.Pd, Umur 48 Tahun, Alamat Jl. Todak Gg. Tapah II No. 4 Kel. Tangkerang Barat Kec. Marpoyan Damai Pekanbaru dan Ketua Komite SDN 141 An. RUSTAMI AGAM bahwa pagar tersebut dibangun pada tahun 2016 menggunakan Anggaran Komite dan bantuan dari Wali Murid.

Korban: 
1. YANITA OCTAVIZOLY A (Pr), kelahiran Pekanbaru 16-10-2001 yang merupakan siswi Kelas 12 SMU N 14 Pekanbaru. Alamat Jalan Abidin No17 Kel Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru (meninggal dunia)

2. WILLIAM MALEAKHI (lk), Kelahiran Pekanbaru 17-07-2012, Siswa Kelas 1B SDN 141 Pekanbaru, Alamat Jl Pinang Perumahan Griya Tika Pasir Putih Kec Siak Hulu Kab Kampar Riau. (Meninggal di RS Syafira)

3. RASYAD AGUS TRIONO F (Lk), Umur 11 Tahun, Siswa SDN 048 Pekanbaru Kelas 5, Alamat Jl Abidin No17 Kel Air Dingin Kec Bukit Raya Pekanbaru
4. MINARTI (pr), Usia 41 Th, Alamat Jl Rantau 8 F 17 Kel Simpang Tiga Kec Bukit Raya Pekanbaru.(Bengkak Pada Kaki Kanan).

5. LINDA AYU RAMADANI (Pr), Usia 7 Th, Siswa SDN 170 kelas 1 Pekanbaru. Alamat Jl Rantau 8 F 17 Kel Simpang Tiga Kec Bukit Raya Pekanbaru.(Bengkak pada bagian Kepala, Pipi Kanan Bengkak).

6. DIVA ANGGRAINI (Pr), Kelahiran Medan 05 April 2005, Siswi SDN 130 Kelas 5 Pekanbaru. Alamat Jl Rantau Perum Restu Delima Blok F No 18 Kel Simapang Tiga Kec Bukit Raya Pekanbaru.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...