News

Waduh! 25 Persen Ruang Sekolah di Pekanbaru Tak Layak

Ilustrasi. (sumber;internet)

PEKANBARU - Dari 238 jumlah sekolah yang ada di bawah kewenangan Pemerintah Kota (Penko) Pekanbaru, terdiri dari 194 Sekolah Dasar (SD) dan 44 Sekolah Menengah Pertama (SMP), saat ini 25 persen bangunannya dalam kondisi tidak layak.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, mengatakan bahwa selain dari 25 persen tersebut, beberapa sekolah diantaranya juga harus dilakukan renovasi. Karena berdasarkan perhitungan pihaknya bersama dengan instansi terkait, bangunan sekolah yang ada minimal dua tahun sekali harus dilakukan renovasi.

"Sekarang ini kondisi sekolah yang ada di bawah kewenangan pemerintah kota Pekanbaru 25 persen diantaranya dalam kondisi tidak layak. Sedangkan yang lainnya ada juga yang perlu direnovasi," katanya, Sabtu (17/11/2018).

Jamal mengakui, saat ini pihaknya terkendala dana untuk melakukan perbaikan bangunan sekolah yang tak layak tersebut.

"Sebenarnya dana yang ada di dinas pendidikan sudah cukup besar, yakni 35 persen dari APBD. Namun dari anggaran yang ada tersebut, banyak didalamnya untuk kesejahteraan guru. Itu sudah tradisi sejak sebelum saya, jadi tidak mungkin saya hapuskan," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, anggaran 35 persen tersebut memang sudah cukup besar. Namun setelah dikurangi belanja rutin, dalam hal ini untuk gaji serta kesejahteraan guru, dana yang tersisa hanya tinggal Rp 6 miliar.

"Tentu kami mendahulukan yang rutin, tapi kami tidak putus asa dengan kondisi itu. Pembangunan juga tetap ada dilakukan, namun memang tidak bisa maksimal," terangnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...