Health

Harus Tahu, Ini Bahayanya Mengkosumsi 4 Makanan Enak Ini

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Banyak makanan enak yang bisa dibeli, ataupun Anda buat sendiri di rumah. Tapi di balik rasanya yang enak, ternyata ada beberapa makanan yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh kita.

Setiap makanan yang kita konsumsi harus benar-benar diperhatikan, apa saja kandungan yang ada di dalamnya. Entah itu kalori, vitamin, zat atau kandungan lainnya yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita.

Karena itu, pandai-pandailah dalam memilih makanan. Jika salah memilih, bukan kenyang atau khasiatnya yang kita dapatkan, tetapi malah penyakit yang kita undang. Berikut ini, ada beberapa makanan enak, yang ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa aja?

1. Kue dan Roti


Tahukah kamu di balik nikmatnya aroma dan rasa kue atau roti ternyata ada kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh dan bahkan bisa memicu kanker? Dalam mengolah kue, susu, keju, krim dan telur adalah bahan-bahan utama untuk membuat kue yang mengandung kadar lemak tinggi. Kandungan lemak inilah yang dapat memicu obesitas.

Selain itu ada juga bahan kimia lainnya seperti pengembang, pengempuk dan sebaginya yang dapat memicu kanker dan tumor jika terlalu sering dikonsumsi. Sedangkan baking powder dapat memicu tekanan darah pada manusia.

2. Sayuran yang Dimasak Terlalu Lama


Sayur yang kaya manfaat memang sangat digemari oleh masyarakat. Kemajuan teknologi saat ini membuat sayuran menjadi macam-macam olahan makanan, minuman bahkan menjadi obat-obatan.

Namun Anda sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu cara pengolahannya sebelum mengkonsumsinya. Beberapa jenis sayur memang harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, tapi dalam proses memasak tidak seharusnya Anda memasak terlalu lama karena dapat menghilangkan berbagai kandungan vitamin di dalamnya.

Mengkonsumsi sayur mentah atau yang belum diolah akan jauh lebih baik karena kandungan enzimnya yang terjaga dan manfaatnya sebagai perombak sel-sel yang rusak.

3. Mie Instan


Makanan yang satu ini menjadi makanan populer di masyarakat. Berbagai macam rasa dan inovasi dari mie instan memang tak pernah ada habisnya. Ramen adalah salah satu mie instan yang sangat populer. Ramen yang sering kita lihat di film-fil Asia seperti China, Jepang atau Korea ini memang sangat nikmat disantap panas-panas.

Akan tetapi, mie yang satu ini sangat berbahaya bagi pencernaan karena setelah beberapa jam dikonsumsi bentuknya tetap sama sehingga akan memberatkan pencernaan. Belum lagi kandungan MSG nya yang dapat memicu hipertensi dan jika dikonsumsi terlalu sering bisa jadi penyebab utama kanker.

4. Ayam Goreng


Olahan ayam yang satu ini pasti sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Sekarang, untuk memperoleh ayam goreng bukanlah hal yang sulit, Anda tak perlu ke restoran mahal, tapi Anda dapat memperolehnya di pinggir jalan.

Untuk mendapatkan tekstur renyah dari ayam goreng ini, pedagang biasanya menambahkan bahan khusus seperti perenyah yang tentu saja zat ini dianggap asing bagi tubuh. Cara penggorengannya menggunakan metode deep fried yang sangat menyerap minyak. Lebih parah lagi, beberapa penjual yang biasa di pinggir jalan menggorengnya 2-3 kali. Bisa dibayangkan bagaimana kandungan lemak dan minyak pada makanan yang satu ini.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...