Life

Makanan Ini Mampu Sehatkan Paru di Tengah Paparan Kabut Asap

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Kabut asap yang semakin pekat akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera dan Kalimantan berdampak buruk bagi kesehatan pernapasan dan paru-paru. Kabut asap membuat paru-paru menghirup gas dan partikel yang berbahaya.

Agar kesehatan paru-paru tetap terjaga, sejumlah makanan yang bernutrisi tinggi dapat dikonsumsi. Makanan-makanan ini dapat menjaga paru-paru agar tak mudah alami peradangan akibat racun kabut asap.

Berikut 7 makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru akibat kabut asap.

1. Apel
Buah apel mengandung asam fenolik dan flavonoid yang bermanfaat untuk mengurangi peradang di saluran pernapasan. Penelitian menunjukkan konsumsi buah apel setiap hari dapat mencegah penyakit saluran pernapasan seperti asma dan sesak napas.

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di paru-paru. Dikutip dari The Healthy, studi yang dipublikasikan di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan orang yang makan bawang putih memiliki kemungkinan lebih kecil terkena kanker paru-paru.

3. Jeruk
Jeruk dan buah lain yang kaya akan vitamin C seperti pepaya, kiwi, dan beri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu mempercepat pemulihan. Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang dapat melawan paparan gas berbahaya dari kabut asap.

4. Ikan berlemak
Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan paru-paru. Studi menunjukkan asam lemak dari ikan ini dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri di paru-paru.

5. Bayam
Bayam dan sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin dan mineral. Bayam mengandung fitokimia yang dapat mencegah kerusakan oksidatif, mengurangi peradangan, dan melawan kanker. Konsumsi bayam setiap hari dapat meningkatkan imun dan melindungi paru-paru dari racun berbahaya seperti kabut asap.

6. Teh hijau
Segelas teh hijau panas dapat membantu meredakan gejala kesehatan terkait saluran pernapasan. Teh hijau yang kaya akan antioksidan dapat menjadi antihistamin alami. Antihistamin merupakan kelompok obat yang digunakan untuk meredakan reaksi alergi dan juga gejala penyakit saluran pernapasan.

7. Kacang
Kacang-kacangan kaya akan vitamin E yang juga dapat membantu mengurangi peradangan. Kacang juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh menghirup oksigen lebih banyak. Suplai oksigen yang lebih banyak membuat paru-paru dapat bekerja lebih baik.

Konsumsi makan-makanan yang bergizi ditambah asupan air putih yang cukup dapat menjaga kesehatan paru-paru saat kabut asap akibat karhutla melanda.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...