News

Tampan KLB Difteri, Diskes Vaksin Ulang

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru kembali melakukan penyuluhan imunisasi difteri ulang di Kecamatan Tampan. Langkah ini dilakukan menyusul masih banyaknya temuan kasus difteri di kawasan yang padat penduduk ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Indra Pomi Nasution melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Kota Pekanbaru Gustiyanti mengatakan, dalam kegiatan penyuluhan yang dipusatkan di kantor Kelurahan Sialang Munggu tersebut, pihaknya juga menghadirkan beberapa perwakilan masyarakat.

"Kami sudah melakukan penyuluhan di kantor Lurah Sialang Munggu bersama dengan pihak kelurahan, RT/RW, tokoh masyarakat dan juga kader. Alhamdulillah respon masyarakat cukup baik dengan kegiatan penyuluhan tersebut," katanya, Kemarin.

Terkait kapan jadwal pemberian imunisasi ulang bagi anak-anak di kecamatan tersebut akan dilaksanakan. Gustiyanti mengatakan bahwa jadwal imunisasi akan dilaksanakan akhir bulan November ini, untuk jadwal pastinya, mereka juga masih menunggu informasi lanjutan dari pihak kelurahan dan kepala puskesmas.

"Untuk tanggal pastinya, lurah dan kepala puskesmas sedang menyusun jadwalnya. Kalau dari Diskes kami sudah siap untuk melakukan imunisasi ulang tersebut," jelasnya.

Rencananya lanjut Gistiyanti, pelaksanaan vaksin ulang tersebut akan dilakukan dikelurahan. Pasalnya, jika dilakukan disekolah yang ada di kecamatan Tampan. Dikhawatirkan akan ada murid sekolah yang tidak berdomisili di Kecamatan Tampan, namun hanya bersekolah dikecamatan tersebut.

"Jadi agar lebih tepat sasaran, vaksin akan kami lakukan dikelurahan setempat. Karena dikecamatan Tampan ini sudah ditetapkan sebagai KLB difteri, setelah ada seorang anak yang meninggal diindikasi kuat akibat difteri," ujarnya.

Dipaparkan Gistiyanti, jika dirincikan anak-anak yang akan divaksin ulang diantaranya yakni anak usia 1-3 tahun tercatat sebanyak 11.456 jiwa dan akan diberikan vaksin ulang yakni Difteri, Pertusis dan Tetanus (DPT), HB dan HiB atau kerap juga disebut vaksin Pentavalen.

Sedangkan untuk anak usia 3-7 tahun, tercatat ada 9.799 jiwa dan akan diberikan vaksin DT. Kemudian anak usia 7-19 tahun akan diberikan vaksin td. Sehingga dikecamatan Tampan ini total 39.648 anak akan diberikan vaksin ulang.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...