News

Rp4 Triliun, Jumlah Invetasi PT Medco Power Bangun PLTGU di Tenayan Raya

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Tingkat kebutuhan dasar listrik di Riau dalam beberapa tahun terakhir cukup tinggi. Tak heran, banyak investor yang berminat menanamkan modalnya dalam membangun pembangkit listrik di Riau.

Setelah PT PLN membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2x100 Megawatt (Mw) di Tenayan Raya, kini giliran PT Medco Ratch Power Riau yang akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) berkapasitas 275 MW.

Erdi Harto selaku Koordinator humas PT Medco Ratch Power Riau mengatakan, saat ini perusahaannya sudah mengantongi izin prinsip PLTGU ini.

"Ya, izin prinsip untuk pembangunan PLTGU sudah kita peroleh dari pemerintah setempat. Lokasinya ada di sekitar kawasan Industri Tenayan Raya atau sekarang TEIP (Tenayan Eco Industrial Park)," ungkap Erdi, Sabtu (24/11/2018).

Dijelaskannya, PLTGU ini bakal dibangun di atas lahan seluas 10 hektare. "Saat ini kita mulai pembersihan lahan, 2019 kita mulai ground breaking," ucapnya.

Untuk membangun pembangkit ini, PT Medco kabarnya menyiapkan dana sekitar Rp4 Triliun. "Ya, kita menyiapkan investasi sekitar itu. Kita targetkan 2021 sudah COD atau bisa kita jual ke PLN,"ucapnya.

PT Medco Ratch Power Riau  merupakan anak perusahaan PT Medco Power Indonesia yang sudah berpengalaman di bidang energi listrik.

Saat ini PT Medco Power Indonesia memiliki beberapa pembangkit di sejumlah daerah di Indonesia. Diantara di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sarula (Geo Thermal), Provinsi Sumut, Jepara, Jawa Tengah.

Kawasan TEIP ini memang disiapkan Pemerintah Kota Pekanbaru sebagai sentra industri yang terletak di pinggiran Kota Pekanbaru. Kawasan ini dibawah pengelolaan PT Sarana Pembangunan Pekanbaru.

Saat kawasan ini sudah berdiri dua unit PLTU berkapasitas 2x100 Mw milik PT PLN. Beberapa calon investor disebut sudah menyatakan minat berinvestasi di kawasan itu.

"Sudah ada beberapa investor yang menyatakan minat, seperti industri manufaktur. Ada juga beberapa investor lainnya dalam proses penjajakan," ucap Dirut PT SPP, Heri Susanto.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...