Health

Awas, Kebiasan Sederhana ini Justru Rawan Infeksi Bakteri

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Setiap orang memiliki beberapa kebiasaan sehari-hari yang menyebarkan infeksi dan kuman dari sekitar kita. Kuman bersifat menular dan mudah menular. Mereka menyebar dari satu orang ke orang lain hanya dengan sentuhan.

Ketika kita pergi keluar, kita dapat membawa beberapa kuman yang mengerikan, begitu pun saat kita tinggal di rumah. Toilet duduk, kunci pintu, uang, alas kaki, pakaian, dan lain-lain dapat membawa jutaan kuman. Bahkan, jika kita tidak mencuci tangan dengan benar, kita berisiko besar menyebarkan kuman serta infeksi.

Maka, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa kebiasaan sehari-hari yang mengarah pada penyebaran infeksi dan juga kuman agar terhindar dari penyakit. Melansir Lifealth, Senin (17/12/2018), berikut adalah kebiasaan sehari-hari tersebut.

Membawa ponsel ke toilet
Sebagian besar dari kita mengambil ponsel ketika pergi ke toilet. Meskipun kita menjalani kehidupan yang sibuk tetapi itu tidak berarti bahwa kita akan membawa ponsel bahkan ke toilet. Kursi toilet adalah area yang paling terinfeksi dan seharusnya kita tidak pernah menggunakan ponsel di sana.

Mencuci tangan dengan sabun batangan


Kita tidak boleh mencuci tangan dengan sabun. Selalu gunakan sabun cair. Sabun batangan sudah memiliki banyak kuman dan bakteri yang ditransfer ke tubuh kita ketika kita menggunakannya.

Menggunakan handuk orang lain
Kita tidak boleh berbagi handuk dengan orang lain, karena hal itu bisa mengarah pada penyebaran infeksi. Kita mungkin tidak tahu orang lain memiliki beberapa penyakit kulit atau infeksi. Jadi, simpan handuk secara terpisah.

Mengunyah plastik


Banyak orang memiliki kebiasaan mengunyah atau menggigit pena dan benda-benda plastik lainnya. Kita harus ingat bahwa barang-barang tersebut tidak bersih dan terbuat dari bahan kimia. Mengunyah hal-hal tersebut dapat menyebabkan infeksi dan penyebaran kuman ke tubuh.

Membuka sesuatu dengan gigi
Ini adalah salah satu praktik paling umum yang kebanyakan orang lakukan. Membuka sesuatu dengan gigi atau memotong selotip dengan gigi dapat menyebabkan penyebaran infeksi. Seseorang harus menggunakan gunting untuk mencegah penyebaran infeksi melalui mulut.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...