Health

Buah-buahan Ini Terbukti Ampuh Lawan Asam Lambung

Ilustrasi. (sumber;internet)

PEKANBARU - Penyakit asam lambung tak boleh diabaikan. Karena sekali Anda mengabaikannya, maka kondisi tersebut dapat bertambah serius dan bahkan bisa memunculkan gejala yang sangat tidak mengenakan.

Rasa sakit di ulu hati, rasa mual, hingga penurunan nafsu makan, merupakan gejala-gejala asam lambung yang bisa membuat Anda tidak nyaman. Karena itu, pilihlah asupan makanan yang tepat supaya asam lambung cepat normal kembali. Jenis asupan makanan yang bisa menormalkan asam lambung adalah buah-buahan berikut ini.

Pisang


Tidak diragukan lagi, makanan yang tinggi akan kandungan kalium ini merupakan buah penurun asam lambung yang paling ampuh. Beberapa pisang mengandung kalium yang siap meredakan kenaikan asam lambung melalui proses penyeimbangan pH lambung. Hanya saja, pastikan tidak mengonsumsi pisang ambon. Karena pisang ambon dapat memperburuk kondisi asam lambung Anda.

Melon


Terdapat kandungan pH sebanyak 6,1 dalam buah melon. Sehingga dianggap aman jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Dengan kadar pH tersebut, melon dapat menjadi penetral asam lambung sehingga Anda bisa mengonsumsinya ketika asam lambung naik. Selain itu, melon juga menawarkan kandungan kalium dan antioksidan yang tinggi sehingga Anda bisa mengatasi asam lambung dengan efektif.

Apel


Buah apel juga bisa menurunkan kadar asam lambung. Pasalnya, buah ini mengandung antioksidan yang tinggi yang bisa menjadi penenang dan penyembuh luka di dinding lambung. Rasa sakit dan perih di lambung juga bisa diredakan dengan mengkonsumsi apel secara rutin. Baik itu dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus.

Kelapa


Buah yang satu ini sering diambil airnya, bukan? Ketika Anda tengah dilanda penyakit asam lambung. Pastikan untuk mengkonsumsi air kelapa, karena didalamnya terdapat elektrolit yang akan menyeimbangkan kadar pH lambung. Selain itu, mengkonsumsi air kelapa juga dapat menjaga kadar asam lambung untuk tetap stabil.

Pepaya


Terkenal sebagai buah solusi untuk sembelit, sebetulnya pepaya bagus juga untuk Anda yang punya masalah pada lambung. Asam asetat dan askorbat yang terkandung dalam pepaya mampu menyembuhkan luka pada lambung. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi nyeri dan perih di lambung.

Alpukat


Vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D hingga vitamin E yang terkandung di dalam alpukat ternyata sangat bermanfaat bagi penderita asam lambung. Selain itu, serat dalam alpukat pun bisa memulihkan gangguan pencernaan di lambung.

Pir
Pir juga mampu menjadi penetral asam lambung. Buah ini menawarkan kandungan air yang sangat tinggi sehingga bagus untuk proses penyerapan nutrisi dan efektif menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan kandungan antioksidan nya siap menetralkan kembali kadar asam lambung yang tinggi.

Semangka
Sama seperti pir, semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan air. Sehingga bisa membantu menghidrasi tubuh. Selain itu, semangka juga mengandung alkali yang akan membuat kadar asam lambung menjadi normal. Jadi, jika Anda sedang mengalami asam lambung, semangka merupakan buah wajib yang harus Anda asup setiap hari.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...